Awal manis Satya Wacana

Sabtu, 30 Maret 2013 - 16:19 WIB
Awal manis Satya Wacana
Awal manis Satya Wacana
A A A
Sindonews.com - Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga mengawali Speedy NBL Indonesia 2012-2013 seri V Bali dengan manis. Menghadapi NSH GMC Riau di GOR Purna Krida Krobokan, Badung, Sabtu (30/3), Satya Wacana unggul telak 81-54. Dengan hasil itu, Satya Wacana kini mengemas rekor pertemuan 3-0 atas NSH GMC.

Meskipun menang telak di akhir laga, para pemain Satya Wacana sempat kesulitan beradaptasi dengan lapangan GOR Purna Krida Bali. Tembakan-tembakan shooting guard Satya Wacana, Yo Sua terlihat seperti tidak terkendali dengan baik. Yo Sua bahkan gagal memasukkan tembakan pertamanya yang berupa layup mudah tanpa penjagaan. Yo Sua hanya memasukkan satu dari tujuh percobaan tembakan. Satya Wacana unggul 18-6 dalam rata-rata field goals rendah, 28 persen.

Hal serupa dialami oleh para pemain NSH GMC. Hingga kuarter kedua, tembakan-tembakan para pemain NSH GMC lebih sering melenceng daripada menghasilkan angka. Juliano Gandhi dan kawan-kawan hanya mampu memasukkan 18 persen dari total 38 tembakan mereka hingga kuarter kedua. Sebaliknya, Satya Wacana mulai mendapat angin dengan tingkat akurasi mencapai 30 persen.

Dua tembakan tiga angka dari Yunus Effendi di kuarter ketiga menandai kebangkitan NSH GMC. Andi Amir dan Juliano Gandhi melengkapi aksi-aksi Yunus untuk membuat NSH GMC menguasai laga 20-18.

Laga berjalan sedikit keras di kuarter penutup. Andi Amir sempat bersitegang dengan beberapa pemain Satya Wacana. Shooting guard Satya Wacana, Yo Sua juga terlihat kecewa dan emosi dengan penjagaan guard NSH GMC, Pradhitya yang sangat ketat dan keras pada dirinya. Terlepas dari meningkatnya tensi laga, Satya Wacana justru mampu menguasai emosi dan pertandingan untuk bermain lebih dominan. Satya Wacana unggul 26-10 di kuarter penutup.

Empat pemain Satya Wacana mengumpulkan dua digit angka. Small forward Yoppie Giay untuk kali pertama meraih double-double di pentas NBL Indonesia, menyusul torehan 12 poin dan 10 rebound. Raihan Yoppie satu angka lebih sedikit daripada Respati Ragil yang mengumpulkan 13 poin, terbanyak bagi Satya Wacana. Menyusul tambahan 13 poin tersebut, Ragil kini mengemas total 951 poin di pentas NBL Indonesia, artinya dia hanya butuh tambahan 48 angka lagi untuk menembus 1,000 Points Club. Sementara itu, Eko Nasution dan Budi Sucipto masing-masing mencetak 10 poin.

”Kemenangan ini dapat kami petik karena game plan berjalan dengan baik. Koordinasi defense juga sesuai harapan,” ujar asisten pelatih Satya Wacana, Efry Meldi.

Dari kubu NSH GMC, Max Yanto yang cukup berhasil menguasai paint area saat menyerang berhasil mengumpulkan 10 poin bagi NSH GMC. Pemain tertinggi di Indonesia itu nyaris membukukan double-double, menyusul tambahan 9 rebound. Poin terbanyak datang dari Juliano Gandhi yang membukukan 13 poin. Gandhi sukses membukukan double-double keempatnya di pentas NBL Indonesia, menyusul sumbangan 10 rebound pada laga ini.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5043 seconds (0.1#10.140)