Satya Wacana jaga peluang

Sabtu, 06 April 2013 - 15:59 WIB
Satya Wacana jaga peluang
Satya Wacana jaga peluang
A A A
Sindonews.com - Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga adalah satu dari tiga tim yang memiliki peluang untuk merebut posisi ke-delapan klasemen akhir NBL Indonesia.

Menghadapi Tonga BSC Jakarta, Satya Wacana menjaga peluang untuk lolos ke babak Championship Series dengan kemenangan 82-66 dalam laga pada Speedy NBL Indonesia 2012-2013 Seri V Bali di GOR Purna Krida, Kerobokan, Badung, Sabtu (6/4)

Mengumpulkan angka melalui tembakan-tembakan three point jelas menjadi strategi Tonga BSC di kuarter pertama. Pergerakan Orlando Uneputty dan kawan-kawan di area serang selalu mencari celah agar tembakan jauh bisa dilepaskan. Tonga BSC melepaskan 10 tembakan tiga angka dan empat di antaranya menembus sasaran. Tonga BSC unggul 17-15 di kuarter pertama.

Tonga BSC masih menjalankan strategi di kuarter pertama. Namun Satya Wacana kali ini sudah mampu mengantisipasi. Pertahanan yang lebih ketat membuat akurasi Tonga BSC menurun hingga 50 pesen. Hanya dua tembakan yang menembus sasaran dari 11 kali tembakan tiga angka yang dilepaskan. Keduanya datang dari Saleh Afriatna.

Serangan-serangan Satya Wacana lebih variatif. Yo Sua dan Ragil mengancam melalui tembakan-tembakan luar, sementara Firman Nugroho, Eko Nasution, dan Yoppi Giai lebih aktif di paint area. Cara ini menghasilkan serangan yang lebih efektif. Satya Wacana unggul 21-14 di kuarter kedua.

Masih efektif dengan pola serangan dan bertahan sebelumnya, Satya Wacana terlena dengan tidak mengantisipasi perubahan pola serngan Tonga BSC. Bola-bola Tonga BSC kini lebih banyak dieksekusi setelah berada di dalam paint area. Hardian menjadi ujung tombak. Cara ini membuat Tonga BSC kembali menguasai laga dengan unggul 21-15. Selisih keunggulan Satya Wacana terpotong menjadi tiga poin saja, 55-52.

Walau mampu mendekat, Tonga BSC gagal melampaui raihan Satya Wacana. Pertahanan Satya Wacana bahkan menekan Tonga BSC sehingga hanya mencetak delapan angka saja di kuarter terakhir.

Selain melepaskan sebuah slam dunk, Yoppi Giay juga menjadi pencetak angka terbanyak bagi Satya Wacana. Yoppi meraih dobel-dobel dengan 16 poin dan 14 rebound. Eko Nasution juga menunjukkan statistik gemilang dengan meraih 13 poin dengan rata-rata field goals mencapai 80 persen.

Pada kubu Tonga BSC, Hardian terbanyak dengan 17 poin. Disusul oleh Andri Hermawan dengan 16 poin
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5752 seconds (0.1#10.140)