Tempa mental atlet, Satlak Prima gunakan Kopassus

Senin, 15 April 2013 - 22:03 WIB
Tempa mental atlet,...
Tempa mental atlet, Satlak Prima gunakan Kopassus
A A A
Sindonews.com - Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Kasatlak Prima), Surya Dharma menilai, pembentukan karakter yang dilakukan para atlet di Bandung akan membuat mereka lebih siap dalam menghadapi SEA Games XXVII Myanmar. Diharapkan pula, proses itu akan membuat para atlet menjadi lebih bersemangat dalam membela nama bangsa.

Seperti diberitakan, para atlet yang digodok dalam Pelatnas ditempa Character Building di Batu Jajar, Bandung, 24 April hingga 12 Juni 2013. Surya menjelaskan, ada tiga tahapan dalam program ini. Demi mendapatkan hasil maksimal, Satlak Prima menggunakan anggota TNI, yaitu Kopassus, untuk melatih para atlet.

"Para atlet Pelatnas SEA Games XXVII yang ditempa dalam character building di Bandung dibagi tiga tahap masing-masing berjumlah 300 orang. Dengan harapan memberikan kepercayaan diri penuh dan memenuhi intruksi dari pelatih yang sebagian besar didatangkan dari anggota Kopassus,"jelas Surya Dharma seperti dilansir Satlak Prima.

"Character building pada atlet Pelatnas SEA Games XXVII mempunyai manfaat tersendiri. Selain meningkatkan mental tanding, juga memberikan kepercayaan diri saat tampil dalam pertandingan,"timpal Direktur Operasional dan Kepelatihan Satlak Prima, Paulus Pasurnay.

Penguasaan teknik dan fisik atlet bisa ditingkatkan selama mengikuti Pelatnas. Namun faktor mental berjuang demi Merah-Putih harus memiliki tempaan khusus seperti character building. Bila semua faktor sudah dimiliki seorang atlet, maka untuk meraih kemenangan dalam pertandingan sangat besar.

"Faktor non teknik sangat berperanan dalam penguasaan mental ditengah pertandingan. Kondisi seperti itu biasanya mempengaruhi seorang atlet. Padahal dalam segi teknik dan fisik sudah cukup selama latihan,"tegasnya.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9215 seconds (0.1#10.140)