PSM cuci gudang di bursa transfer kedua

Kamis, 25 April 2013 - 18:59 WIB
PSM cuci gudang di bursa transfer kedua
PSM cuci gudang di bursa transfer kedua
A A A
Sindonews.com - Manajemen PSM Makassar dikabarkan bakal mencoret sejumlah pemain yang dinilai tidak punya kontribusi terhadap tim. Rencananya, pencoretan dimulai saat bursa transfer kedua kompetisi Indonesian Premier League (IPL), dibuka.

Belum diketahui dengan pasti siapa saja pemain yang bakal masuk dalam daftar coret. Namun kabar akan adanya rencana perombakan besar-besaran di dalam mulai berembus keluar. Ini bukanlah kabar kosong.

Fisioterapis PSM Emmanuel Maullang juga mengakui, bawah akan ada rencana perubahan besar-besaran dalam tim saat jeda putaran kedua IPL 2012/2013. Dijelaskan, seharusnya tes kesehatan seluruh pemain akan dilakukan beberapa bulan lalu. Namun, dengan adanya rencana pencoretan beberapa pemain serta bakal masuknya sejumlah wajah baru dalam tim, maka rencana tersebut ditunda.

Menurutnya, opsi tes kesehatan di putaran kedua lebih tepat dilakukan dibanding saat kompetisi sedang berjalan. ''Seperti saat ini, sangat sulit untuk melakukan tes kesehatan untuk semua pemain,” jelasnya.

Persoalannya adalah padatnya jadwal kompetisi. Sedangkan untuk melakukan tes kesehatan, dibutuhkan waktu kurang lebih tiga hari. Pertimbangan lainnya, tes kesehatan saat putaran kedua, jauh lebih efisien dibanding saat ini.

Dia mencotohkan, saat bursa transfer kedua dibuka, semua pemain lama yang dipertahankan, termasuk wajah-wajah baru yang akan masuk dalam, harus melalui pintu tes. ''Nantinya akan dibuat aturan ketat soal kondisi pemain yang akan direkrut,” katanya.

Emmanuel mencontohkan, sebelum tanda tangan kontrak, semua pendatang baru, wajib menyerahkan rekam medik atau riwayat cederanya kepada tim kesehatan klub.

Nantinya, catatan medik itu dijadikan salah satu referensi, layak tidaknya seorang pemain dikontrak atau tidak. ''Makanya perlu dilakukan tes kesehatan untuk mengantisipasi adanya cedera yang disembunyikan,” tuturnya.

Soal teknis rencana ini, baru akan dibicarakan dengan manajemen PSM dalam waktu dekat ini, termasuk penetapan waktunya. ''Belum bicara waktu, karena harus dibahas dengan semua pihak,” jelasnya.

Sebelumnya, CEO PSM Rully Habibie mengatakan, sebelum pemain tanda tangan kontrak, memang sudah ada komitmen bersama, soal rencana evaluasi saat masuk setengah musim kompetisi.

Jika dari hasil evaluasi diketahui kontribusi beberapa pemain tersebut minim, maka dipastikan bakal dilepas atau putus kontrak. ''Komitmennya sudah seperti dan memang telah disetujui oleh semua pemain,” ucapnya.

Rencana pencoretan ini untuk mengantisipasi kemungkinan disahkannnya aturan klub IPL yang berhak masuk ke Indonesia Super League (ISL) 2014 adalah yang masuk dalam daftar empat besar klasmen.

Demi merealiasikan rencana tersebut, tidak ada pilihan lain bagi PSM, kecuali merekrut pemain berkualitas dan punya jam terbang cukup panjang. ''Tapi itu baru akan kami bicarakan dengan pelatih (Petar Segrt),” ucapnya.


Rully juga belum mau bicara soal siapa saja pemain yang sudah diincar untuk masuk dibursa transfer putaran kedua nanti. “Nantilah kita bicara itu. Karena harus melihat kekuatan dana,” pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)
pixels