Progres Seleccao memuaskan

Selasa, 19 Juni 2012 - 06:00 WIB
Progres Seleccao memuaskan
Progres Seleccao memuaskan
A A A
Sindonews.com - Tak salah menyebut Portugal sebagai tim dengan progres memuaskan. Dalam tiga pertandingan Grup B, A Seleccao menunjukkan perkembangan yang sangat positif dengan hasil lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Belanda, dini hari kemarin.

Portugal mengawali Piala Eropa 2012 dengan hasil mengecewakan dengan dikalahkan Jerman 0-1. Secara perlahan tim asuhan Paulo Bento bergerak ke depan dengan mencatat kemenangan 3-2 atas Denmark dan terakhir di laga penentuan menang 2-1 kontra Belanda. A Seleccao tidak mengandalkan kejutan atau keberuntungan untuk bisa menembus perempat final. Hasil di lapangan menunjukkan kesuksesan itu memang buah dari kerja keras sekaligus keyakinan diri bisa lolos dari fase grup.

Cristiano Ronaldo memang menjadi bintang dengan dua golnya ke gawang De Oranje pada menit ke-28 dan 74 setelah sebelumnya Rafael van der Vaart sempat menjebol gawang Portugal pada menit ke-11. Sebenarnya bukan dia saja yang berhasil menunjukkan grafik menanjak, tapi juga kualitas permainan tim jika dibandingkan laga pertama lalu.

Sama-sama datang ke partai penentuan, mental pemain Portugal lebih kuat dibandingkan Belanda. “Ini pertandingan terbaik kami di Polandia-Ukraina.Tim dengan brilian mampu memanfaatkan situasi ketika kami dituntut menang,” ungkap Pelatih Portugal Paulo Bento. Bento bangga melihat perkembangan di timnya yang sejauh ini mengarah ke posisi yang benar.

Dia yakin walau butuh lebih banyak perbaikan, A Seleccao bakal lebih percaya diri menatap pertandingan perempat final kontra Republik Ceko, Jumat (22/6). “Kami tidak merasa menjadi favorit menghadapi Rep Ceko. Tentu itu bukan pertandingan yang mudah. Kami harus terfokus untuk mengembangkan permainan dan menunjukkan karakter yang telah ditunjukkan tim sejauh ini,” lanjutnya. Uniknya, walau Ronaldo menjadi penentu kemenangan tim dengan dua gol, Bento menolak memberikan pujian.

Dia lebih suka menyanjung perjuangan tim dibandingkan kualitas individu pemain di lapangan. Portugal kini mempunyai kesempatan mengulang prestasi pada 2004 kala mereka sukses masuk ke final.Tapi, segenap elemen tim A Seleccao tidak ada yang berani berkoar soal pertandingan kontra Rep Ceko, karena menilai kekuatan lawan sama berkualitas. “Kami belum bisa bicara soal Rep Ceko. Faktanya, mereka mampu lolos dan tentu mempunyai kelebihan tersendiri.

Sementara ini kami akan istirahat dan mempersiapkan pertandingan tersebut. Kami akan menikmati dulu kemenangan atas Belanda,” ujar gelandang bertahan Miguel Veloso. Veloso mengatakan kemenangan atas Belanda layak dirayakan karena wujud dari kerja keras tim sepanjang 90 menit. Tertinggal lebih dulu, Portugal yang harus menang untuk bisa lolos mampu bangkit dan menunjukkan dominasinya atas Belanda.

“Kami menghadapi tim kuat dalam keadaan tertinggal lebih dulu. Itu posisi yang sangat sulit karena kami dalam tekanan. Bisa Anda bayangkan bagaimana rasanya ketika kami kemudian bangkit, memenangi pertandingan, dan lolos ke perempat final,” tandas Veloso.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0291 seconds (0.1#10.140)