Hambar Persib tanpa Viking

Jum'at, 21 Juni 2013 - 13:36 WIB
Hambar Persib tanpa Viking
Hambar Persib tanpa Viking
A A A
Sindonews.com – Persija Jakarta dipastikan tampil tanpa pemain ke dua belas mereka, The Jakmania saat menjamu Sergio van Dijk dkk sore ini.

Namun Pelatih Persib Bandung, Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman tidak menganggap hal itu sebagai sebuah keuntungan. Menurutnya, tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno yang kosong hanya akan membuat pertandingan terasa hambar.

Padahal dalam sepuluh tahun terakhir, duel antara Persib dan Persija selalu mendapat perhatian lebih dari supporter masing-masing tim. Sering pula persaingan hingga perselisihan melebar ke luar lapangan dan melibatkan kedua kubu pendukung.

“Sepakbola itu sudah identik dengan teriakan-teriakan dan dukungan emosional supporter dari pinggir lapangan, apa lagi di laga-laga bergengsi seperti ini. Jadi bagi saya tidak hadirnya supporter tuan rumah bukan saya anggap sebagai sebuah keuntungan bagi Persib. Justru pertandingan nanti akan terasa hambar karena sepi-sepi saja,” kata Djanur usai memimpin latihan di Lapangan Futsal 54, Kiaracondong, Kota Bandung, kemarin.

Pernyataan tersebut diungkapkan Djanur, karena dia yakin para pemain Persib sudah menyiapkan mental jika laga digelar terbuka untuk penonton. Kondisi SUGBK yang dinilai memenuhi standar keamanan, juga lebih menjamin keselamatan skuad Pangeran Biru saat berada di lapangan pertandingan. Berbeda halnya jika pertandingan dilangsungkan di Stadion lain, factor keamanan akan membuat kubu Persib was-was dengan perilaku supporter.

“Kalau digelar di SUGBK, ada penonton pun kami merasa aman selama pertandingan. Tekanan mental mah itu sudah biasa. Pemain kami pun sudah siap mental jika laga dihadiri penonton. Karena itu, ada atau tidak supporter di pertandingan nanti tidak berpengaruh, dan kami tetap mengincar kemenangan,” ucap pemain Persib decade 1980-an ini.

Di hari terakhir sebelum melawan Persija, skuad Pangeran Biru hanya menggelar latihan ringan. Selama satu jam, Hariono dkk mempersiapkan diri selama satu jam di lapangan futsal berumput sintetis. Dalam sesi latihan tersebut, terdapat beberapa pemain yang absen. Yaitu Firman Utina, Shahar Ginandjar, Mbida Messi, dan Naser Al Sebai.

Firman Utina meminta izin untuk urusan keluarga, namun pengatur serangan lini tengah Persib itu dipastikan tetap tampil menghadapi Persija. Naser Al Sebai masih di Suriah untuk mengurusi izin tinggal sementara, begitu pula dengan Mbida Messi yang sedang berada di Jakarta untuk keperluan serupa.
Ke Jakarta, Persib tidak membawa tiga pemainnya.

Selain defender Naser yang masih di kampung halaman, dua penjaga gawang Pangeran Biru juga tetap tinggal di Bandung, yaitu Shahar Ginandjar dan Rizky Bagja. Pada laga sore nanti, Djanur akan mengandalkan tenaga kiper I Made Wirawan dengan Cecep Supriatna sebagai pelapis.

“Shahar dan Rizky tidak di bawa ke Jakarta, karena itu saya bebaskan mereka dari sesi persiapan. Tapi karena Rizky kebetulan punya waktu luang, dia tetap latihan,” tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6647 seconds (0.1#10.140)