Bagikan bunga, Bobotoh jamin pelat B aman

Jum'at, 28 Juni 2013 - 09:30 WIB
Bagikan bunga, Bobotoh jamin pelat B aman
Bagikan bunga, Bobotoh jamin pelat B aman
A A A
Sindonews.com - Puluhan Bobotoh melakukan aksi simpatik terhadap kendaraan plat B di perempatan Jalan Cikapayang, Dago, Kota Bandung, kemarin.

Sambil membagikan bunga, para supporter Persib ini mengucapkan selamat datang pada warga ibu kota yang hendak berlibur di kota kembang. Selain itu, permintaan maaf atas insiden perusakan kendaraan berplat B pekan lalu juga mereka ungkapkan.

“Kami membagi-bagikan bunga sebagai simbol permintaan maaf pada para pengguna kendaraan pelat B Jakarta. Setidaknya aksi simpatik ini bisa menunjukkan bahwa Bobotoh tidak anarkistis. Intinya selamat datang di Kota Bandung, dan kami jamin kalian aman,” ucap Agi Yudha, koordinator aksi.

Agi menyebut, Bobotoh yang turut serta dalam aksi ini berasal dari komunitas Viking Persib Club. Terdiri dari delapan perguruan tinggi se Bandung raya, mereka melebur untuk menggunakan nama Viking Kampus. Sebelum membagikan bunga, para Bobotoh terlebih dahulu mendatangi kantor PSSI Jawa Barat di Jalan Lodaya, Kota Bandung. Di sana, mereka menuntut federasi tidak lamban menindak Persija Jakarta dan The Jakmania atas insiden pelemparan bus pemain Persib Bandung.

“Ini juga sebagai pembelajaran bagi Bobotoh lain. Pelat B itu belum tentu warga Jakarta, dan warga Jakarta belum tentu anggota The Jakmania. Sedangkan yang menyerang bus Persib ya Jakmania. Kami akui pelaku perusakan pelat B pekan lalu adalah bagian dari Bobotoh. Mereka bukan oknum, tapi Bobotoh yang belum dewasa, kami siap membantu pihak berwajib untuk mendewasakannya,” tutur Agi.

Mengenakan atribut lengkap ala supporter, kehadiran Viking Kampus di kawasan Dago memang sempat membuat segan sejumlah pengendara asal Jakarta. Bahkan beberapa pengemudi enggan membuka kaca jendela saat para Bobotoh ini mengerumuni kendaraannya. Namun ketika perwakilan aksi menyodorkan bunga, warga Jakarta itu pun terlihat lega, bahkan menyambut dengan senyuman.

“Pekan lalu saya sempat was-was ya dengan adanya kabar sweeping pelat B di Bandung, walaupun Alhamdulillah saya sendiri belum pernah mengalaminya. Tapi dengan adanya aksi-aksi simpatik seperti ini, setidaknya Bobotoh bisa menunjukkan bahwa mereka ingin lebih baik, dan memberi kenyamanan pada wisatawan yang datang ke Bandung. Mereka berbeda dari supporter lainnya,” ucap Ara, 36, warga Jakarta.

Acara pembagian bunga pada kendaraan berpelat nomor B rencananya berlangsung hingga akhir pekan ini. Puncaknya, massa Bobotoh yang lebih banyak siap menyambut para wisatawan di lokasi sama, besok. Bahkan, aksi simpatik ini mendapat dukungan penuh dari jajaran direksi serta manajemen Persib.

“Manajemen ikut menyumbang bunga yang akan dibagikan para Bobotoh, kami sediakan sebanyak mungkin. Hari ini (kemarin) juga aksi pembagian bunga sudah dimulai, tapi puncaknya nanti hari Sabtu, karena kalau akhir pekan warga Jakarta yang ke Bandung lebih banyak. Inilah santunnya orang Bandung. Intinya, Bobotoh ingin menjamin bahwa warga Jakarta aman berada di Bandung,” ucap Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. ---gugum rachmat gumilar
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5139 seconds (0.1#10.140)