Penentu asa tiga besar

Jum'at, 05 Juli 2013 - 16:36 WIB
Penentu asa tiga besar
Penentu asa tiga besar
A A A
Sindonews.com - Laga krusial menanti Pro Duta FC. Pasalnya, hasil akhir bentrok Pro Duta FC dengan Persepar Palangkaraya di Stadion Teladan Medan, Sabtu (6/7) sore, akan menentukan posisi di klasemen akhir putaran I Indonesian Premier League (IPL) 2013.

Kemenangan dalam pertarungan itu akan membuka asa Pro Duta naik ke posisi tiga besar klasemen sementara IPL. Kemenangan walk out (WO) atas Persibo Bojonegoro Selasa (2/7) lalu semakin meninggikan harapan Pro Duta.

"Dengan poin yang kami miliki saat ini, peluang untuk naik ke posisi tiga atau minimal bertahan di posisi empat terbuka, asal tim mampu meraih kemenangan atas Persepar, besok (Sabtu 6/7). Dan tentunya kami siap mengamankan tiga angka di kandang," ujar pelatih Pro Duta, Slamet Riyadi, Jumat (5/7).

Tim besutan trio pelatih Slamet Riyadi-Ansyari Lubis-Muhammad Halim (SAM) itu kini berada di posisi keempat klasemen sementara IPL, sama dengan nilai yang dikumpulkan Persiba Bantul, 25 poin. Namun, jika Pro Duta mampu memenangkan laga pemungkas di putaran I, peluang merangsek ke posisi tiga terbuka.

Itu lantaran pada laga pemungkasnya, Persiba akan bertandang ke markas Perseman Manokwari, sang pemilik posisi runner-up yang tentu saja berharap meraih hasil maksimal pada pertandingan penutup putaran I, tidak akan memberikan kemenangan kepada lawannya, Minggu (7/7) besok .

Pro Duta yang telah melakoni persiapan jelang pertandingan kini berharap pada soliditas lini belakang tanpa dua pilar utama, kapten Suyatno dan Agus Nova yang harus diparkir karena cedera. Namun, Slamet meyakini, pemain seperti Abdul Majid, Hardiansyah, Saralim, dan M Rifqi siap melakoni peran barunya. Selain itu, kendatu buta kekuatan lawan tidak menjadi penghambat target kemenangan.

"Kami belum tahu Persepar mainnya seperti apa. Tapi, kami akan melakukan pressure (tekanan) dari awal untuk menghambat pergerakan lawan. Beberapa pemain yang cedera, kami juga sudah siapkan penggantinya. Di lini belakang, ada empat pemain yang bisa menggantikan posisi dua bek tengah yang absen," ujar Slamet.

Posisi kiper yang sempat rawan kini juga tidak masalah. Kiper asal Latvia, Dennis Romanovs sudah bisa diturunkan lantaran telah bebas dari hukuman akumulasi. Sebelumnya, kekhawatiran akan absennya Dennis mencuat setelah belum jelasnya status laga kontra Persibo yang batal, ditambah, kiper lain, Yudha Hananta yang juga harus cedera di pergelangan tangan.

Kendati dua pilar utama lini tengah seperti Faisal Azmi dan Jose Pedrosa Galan masih absen, Pro Duta tampaknya sudah terbiasa dengan hal itu. Beberapa pemain pengganti juga melakoni perannya dengan baik di beberapa pertandingan sebelumnya. "Saya rasa lini tengah enggak ada masalah walau tanpa Galan dan Faisal. Tapi kami tetap mewanti-wanti mereka untuk menjaga pergerakan lawan," bebernya.

Namun, kehadiran dua pemain yang paham karakter bermain khas Medan di kubu tim berjuluk Laskar Isen Mulang yakni Antonio Telles yang eks pemain Pro Duta dan mantan pilar PSMS, Wijay tetap harus diwaspadai. Sebagai pemain tengah, kehadiran pemain berpengalaman itu cukup membahayakan bagi Pro Duta yang dihuni pemain-pemain mayoritas berusia muda.

"Penjagaan tidak ada kami khususkan bagi Telles dan Wiyay. Tapi kami akan tetap mewanti-wanti pemain untuk menutup pergerakan dua pemain ini. Dengan pengalamannya, mereka masih cukup berbahaya,"

Sementara, striker Pro Duta, Ghozali Muharram juga berambisi membawa kemenangan bagi timnya saat menjamu tim besutan pelatih Eddy Simon Badawi itu. Kendati tidak menargetkan mencetak sejumlah gol ke gawang lawan, menurut pria yang biasa disapa Ghozo itu, Pro Duta harus bisa meraih kemenangan.

"Yang penting menang. Perkara mencetak gol itu urusan nanti. Kami lebih beruntung ketimbang lawan yang harus melakoni tur ke Sumatera. Persiapan tim jadi lebih matang," ungkapnya.

Perkiraan formasi Pro Duta
(4-3-3)

Penjaga Gawang
Dennis Romanovs

Belakang: M Rifqi, Hardiansyah, Saralim, Ramadhani

Tengah: Rahmad Hidayat, Abdul Majid, Saralimn M Rifqi

Depan: Yusuf Effendi, Girts Karlsons, Ghozali Muharram
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0596 seconds (0.1#10.140)