Maksimalkan materi pemain yang ada

Minggu, 14 Juli 2013 - 18:40 WIB
Maksimalkan materi pemain...
Maksimalkan materi pemain yang ada
A A A
Sindonews.com-- Menjalani putaran kedua pada kompetisi Indonesia Primer League (IPL) musim ini, tentu menjadi ajang pertarungan sengit buat PSM, pasalnya mereka dituntut lolos empat besar diakhir klasemen agar berkompetisi diliga tertinggi Indonesia Super League (ISL) musim depan.

Saat ini, managemen PSM sementara berbenah mengahadpi putaran kedua tersebut, persoalan finansial, kekosongan jabatan pelatih dan evaluasi para pemain menjadi pembenahan utama di jeda kompetisi ini. Namun untuk materi pemain yang ada sebaiknya dipertahankan menghadapi putaran kedua.

Mantan pemain PSM Abdullah Rowa mengatakan, memang memasuki putaran kedua kompetisi IPL, Pasukan Ramang harus bekerja ekstra untuk membawa tim menembus empat besar diakhir kompetisi mendatang. "Untuk itu pemain inti yang selalu diturunkan pelatih, harus dimaksimalkan, karena kedepannya kompetisi semakin sengit," kata dia.

Bukan hanya itu, terkait soal isu pemain anyar yang akan direkrut managemen di bursa transfer musim ini, dirinya menilai tidak terlalu mendesak. "Saat ini skuad PSM sudah baik, jadi pemain yang sudah ada harus dimaksimalkan, tinggal sedikit dipole agar menjadi tim yang solid ke depannya, soal mendatangkan pemain mungkin tidak terlalu mendesak, kalau mau saat PSM sudah berkompetisi di ISL," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, hal ini dikarenakan PSM saat ini masih terbelit soal finansial, dan jika mendatangkan pemain baru lagi tentu akan mengeluarkan dana yang banyak lagi. "Untuk itu disisa laga pada putaran kedua, tentu para pemain yang ada saat ini sudah maksimal, apalagi kita lihat kekuatannya dilima pertandingan terakhir," jelasnya.

Saat ini Andi Oddang dkk masih berada di posisi keenam klasemen sementara, dengan 27 raihan poin, dari posisi ke lima sampai ke tiga hanya terpaut satu poin diantara tiga klub di atasnya, yakni Persebaya 1927 memiliki poin yang sama, serta Pro Duta dan Persiba Bantul memiliki 28 poin hingga menduduki posisi ke tiga dan keempat klasemen.

Untuk menyelesaikan persoalan finansial, lanjutnya, dia menyarankan agar mencoret saja, apalagi menjadi cadangan mati dan minim kontribusi. "Sekarang pemain ada 30 orang, dan banyak yang tidak pernah dimainkan, untuk itu coret saya agar beban managemen bisa lebih ringan," kata dia.

Dirinya juga menyebut, jika pemain yang tidak memiliki kontribusi pada tim lalu dipertahankan, sepertinya sangat mubassir. "Untuk itu, pasti pelatih sudah tau siapa pemain yang layak dipertahankan dan tidak, karena dia terus mengikuti perkembangan para pemainnya," pungkasnya.

Sementara itu sebelumnya, beberapa mantan pemain menilai jika PSM juga harus merekrut pemain anyar di bursa tranfer kali ini. Sebut saja mantan asisten pelatih teknik PSM Yopie Lamoindong, menurutnya PSM harus rekrut pemain asing. "Harus ada pemain straiker pemain asing, sebagai tandem Oddang," kata dia.

Dirinya juga menjelaskan, karena saat ini PSM di lini belakang sudah ada pemain asingnya jadi tinggal di depan, apalagi di lini tengah sudah bagus. "Idealnya dalam sebuah tim ada tiga pemain asing di depan, belakang dan di tengah, agar sebuah klub bisa lebih baik," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)