Abanda yakin aman, mesti FIFA jatuhkan sanksi Kamerun

Kamis, 18 Juli 2013 - 13:28 WIB
Abanda yakin aman, mesti...
Abanda yakin aman, mesti FIFA jatuhkan sanksi Kamerun
A A A
Sindonews.com - Defender Persib Bandung Abanda Herman yakin kariernya di Indonesia tidak terpengaruh sanksi FIFA terhadap Kamerun. Menurutnya, hukuman tersebut tidak akan berimbas pada para pemain yang sejak sebelumnya sudah berkiprah di negara lain.

Federasi sepakbola dunia, FIFA menjatuhkan sanksi pembekuan terhada Fecafoot, federasi sepakbola Kamerun. Alasannya, pemerintah negara tersebut dianggap sudah mencampuri urusan internal Fecafoot dalam pemilihan ketua umum. Di sisi lain, Pemerintah Kamerun pun melakukan hal itu karena kondisi persepakbolaan dalam negeri yang kental dengan kekisruhan.

Imbas dari pembekuan tersebut, Kamerun dilarang menjalankan aktivitas pertandingan di semua level, termasuk regional, kontinental, internasional, persahabatan, bahkan hingga tataran klub. Fecafoot juga tidak lagi mendapat sokongan dari FIFA dalam hal pengembangan sepakbola di Kamerun. Sontak hukuman tersebut sempat membuat cemas sejumlah pesepakbola, termasuk fans dan supporter pemain tersebut.

Pembekuan ini akan membuat Fecafoot tidak bisa mengeluarkan sertifikat transfer internasional. Praktis, para pemain Kamerun tidak lagi bisa berkiprah di luar negara kelahirannya.

Namun, Abanda mengaku tidak khawatir sanksi tersebut mematikan kiprahnya di dunia olah si kulit bundar Tanah Air. Menurutnya, pembekuan hanya berimbas pada para pemain dan klub yang saat ini masih ada di Kamerun. Sementara pesepakbola yang sejaklama keluar dari negara tersebut, kemungkinan ikut dirugikan sangat kecil.

“Kalau yang sudah bermain di luar ya tidak mendapat masalah. Tapi kalau untuk pemain yang sekarang masih main di Kamerun, dan ingin berkarier di luar negeri, baru itu tidak bisa karena ada sanksi ini,” ucap Abanda.

Abanda merupakan salah satu pemain asal Kamerun yang bersinar di Indonesia. Pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Air pada 2004 bersama PSM Makasar, kariernya berlanjut di Persija Jakarta dan Persema Malang. Terhitung sejak 2010, Abanda menjadi benteng pertahanan skuad Pangeran Biru.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0880 seconds (0.1#10.140)