Zambia angkat Piala COSAFA

Minggu, 21 Juli 2013 - 00:17 WIB
Zambia angkat Piala COSAFA
Zambia angkat Piala COSAFA
A A A
Sindonews.com – Zambia memastikan mengangkat trofi COSAFA setelah di babak final mengalahkan juara bertahan Zimbabwe 2-0 di Stadion Mwanawasa, Sabtu (20/7/2013).

Dua gol yang dicetak Alex N’gonga dan Kabaso Chongo sukses melampiaskan dendam mereka yang pernah dikalahkan Zimbabwe di final tahun 2009.

Kemenangan Zambia sudah tercium ketika mereka unggul cepat berkat gol N’gonga ketika pertandingan baru berjalan empat menit melalui tendangan bebas. Setelah itu Zambia mampu memberikan tekanan kepada tamunya itu. Sampai babak pertama berakhir kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan Zambia.

Di babak kedua, Zambia tidak mengendurkan serangan. Peluang emas sempat didapat Ronald Chitiyo ketika sundulannya di menit ke-66 berhasil diselamatkan kiper Danny Munyau yang bermain impresif di bawah mistar gawang.

Kemenangan Zambia dipastikan setelah semenit sebelum pertandingan berakhir pemain pengganti Chongo mencetak gol untuk memastikan kemenangan 2-0.

Sementara itu peringkat ketiga diraih Afrika Selatan yang mengalahkan Lesotho. Lesotho sempat unggul terlebih dulu pada menit ke-22 melalui gol penalti Tlali Maile. Afsel berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Masango Mandla. Setelah itu Afsel berbalik unggul berkat gol Hlompho Kekana.

Lesotho memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan ketika mendapat penalti di menit ke-73 setelah pemain belakang Afsela menyentuh bola dengan tangan di area penalti. Namun kiper Wayne Sandiland menjadi pahlawan setelah menggagalkan tendangan penalti Maile.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6412 seconds (0.1#10.140)