Lepas beban, tekanan bisa berkurang

Selasa, 30 Juli 2013 - 10:32 WIB
Lepas beban, tekanan...
Lepas beban, tekanan bisa berkurang
A A A
Sindonews.com – Persib Bandung berambisi mendapatkan poin penuh saat berlaga melawan tuan rumah Persiba Balikpapan, Selasa (30/7/13) malam. Setelah membawa satu poin dari Banjarmasin, total empat poin menjadi target Pangeran Biru di tur Kalimantan ini.

Pentingnya dua pertandingan di tanah Borneo, memberi beban tambahan bagi Sergio van Dijk dan kolega. Hasil tur Kalimantan, dipastikan menjadi penentu mulus-tidaknya jalan tim Persib menuju title runner up Indonesia Super League (ISL) 2013. Kondisi ini memberi beban mental lebih bagi para pemain dibanding ketika melakoni laga-laga sebelumnya.

“Kami mengejar tiga poin dari Persiba setelah hanya mendapat satu di pertandingan lawan Barito Putera. Tekanan dalam tur ini memang berbeda karena sangat menentukan posisi kami di akhir kompetisi nanti, tapi saya yakin itu tidak masalah,” kata Pelatih Persib Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman usai latihan di Stadion Sudirman, Balikpapan, Minggu (28/7) sore.

Menghindari Atep dkk merasa terbebani, Djanur mengaku semakin intensif melakukan komunikasi dengan semua anak asuhnya. Bagaimana pun, menurutnya, mental merupakan salah satu kunci kemenangan dalam pertandingan sepakbola, bukan hanya skil individu dan kerjasama tim.

“Saya semakin intens ngobrol dengan mereka, sekedar untuk konsultasi secara personal. Saya yakin dengan komunikasi face to face, mereka tidak memiliki beban. Atau setidaknya tekanan bisa berkurang. Mendapatkan poin sebanyak-banyaknya memang merupakan keharusan, tapi tidak boleh dijadikan beban,” ucap pemain Persib era 1980-an ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8297 seconds (0.1#10.140)