Hasil tes fisik skuad PSM, memuaskan

Sabtu, 24 Agustus 2013 - 19:36 WIB
Hasil tes fisik skuad...
Hasil tes fisik skuad PSM, memuaskan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 13 pemain PSM Makassar punya kondisi fisik memuaskan, sedangkan pemain lainnya masuk kategori baik. Demikian hasil tes fisik yang dilakukan tim medis terhadap seluruh penggawa Pasukan Ramang jelang bergulirnya putaran dua Indonesian Premier League (IPL), 1 September mendatang.

Hasil tes menyebut, Vo2max ke-13 pemain dimaksud masuk dalam kategori excellent. Tes Vo2max dilakukan untuk mengukur kemampuan jantung dan paru-paru. Saat tes dilakukan hanya La Mursalim yang absen lantaran masih mengikuti training sebagai anggota TNI AD.

"Manajemen telah menerima laporan hasil tes fisik pemain dari tim medis. Hasilnya, 13 pemain masuk kategori excellent atau sangat baik untuk Vo2max-nya. Yang lainnya hanya masuk kategori baik," ungkap Media Officer PSM, Andi Widya Syadzwina, Sabtu (24/8).

Pemain yang masuk kategori excellent yaitu Ketut Mahendra, Andi Oddang, Handi Hamzah, M Jufri, Satrio Syam, Syamsul Chaeruddin, Asrul, Qifly Tamara, Aswar, Rasyid Bakri, Kurniawan Karman, Kaharuddin, dan Abdul Abanda Rahman. Fisioterapis PSM Immanuel Maulang menjelaskan, hasil tes mengindikasikan kemampuan jantung dan paru-paru 13 pemain tersebut dalam kondisi sangat baik.

"13 pemain memiliki daya tahan yang lebih lama di lapangan. Namun hasil tes ini bisa saja berubah beberapa bulan ke depan. Tergantung kondisi pemain dan bagaimana mereka menjaga stamina. Karena itu tes ini sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan sekali," jelas Nuel--panggilan akrabnya seperti tertulis dalam keterangan pers LPI.

"Untuk pemain yang tidak masuk kategori excellent akan kembali dipantau latihan dan aktivitas fisiknya agar terus meningkat," katanya lagi.

Postur tubuh pemain, yaitu keseimbangan atau ideal tubuh juga menjadi perhatian tim medis. "Beberapa pemain memiliki berat tubuh berlebih sehingga menjadikan postur tubuhnya tidak ideal. Kelebihan berat badan juga sangat mempengaruhi stamina dan pergerakan di lapangan. Sebaiknya ada program khusus untuk pemain dengan berat badan berlebih, termasuk menjaga asupan makanan mereka. Tidak perlu makan terlalu banyak yang penting asupan gizinya terpenuhi," pungkas Nuel.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0745 seconds (0.1#10.140)