Socceroos bikin panas Piala AFF

Senin, 26 Agustus 2013 - 20:43 WIB
Socceroos bikin panas Piala AFF
Socceroos bikin panas Piala AFF
A A A
Sindonews.com - Kabar mengejutkan datang dari Kongres Luar Biasa (KLB) Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) di Dili, Timor Leste, Senin (26/8). Australia ditetapkan sebagai anggota baru AFF. Dengan begitu, Socceroos, julukan timnas Australia, berhak berpartisipasi di Piala AFF 2014.

Masuknya Australia sebagai anggota baru AFF, tentu akan membuat peta persaingan di Piala AFF 2014 mendatang menjadi semakin sengit. Tentu tidak bisa diMungkiri, usaha timnas Indonesia untuk keluar sebagai jawara Piala AFF untuk kali pertama menjadi semakin sulit setelah masuknya negara yang kerap dijuluki Negeri Kanguru tersebut.

Kepastian masuknya Australia sebagai anggota AFF, ditegaskan juga dalam rilis resmi yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Australia (FFA). Soal kepastian bergabungnya Australia sebagai anggota baru AFF, juga diamini oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) AFF, Azzuddin Ahmad. Dirinya menegaskan, jika Australia menjadi anggota ke- 12 AFF.

"Saat ini Australia bergabung dengan 11 negara lainnya sebagai anggota AFF. Dan kami sangat berharap dapat bekerja erat dengan Australia di tahun-tahun mendatang," ungkap Ahmad, melalui rilis AFF, yang dikutip dari Straits Times.

Tanggapan positif dengan bergabungnya Australia sebagai anggota AFF, juga disampaikan Wakil Presiden AFC, yang juga menjabay sebagai anggota Eksekutif FIFA, Moya Dood. Dirinya menilai bergabungnya Australia, akan memberikan banyak kemajuan bagi sepak bola di Asia Tenggara khususnya.

"Ini bisa dilihat sebagai bagian akhir dalam integrasi Austalia ke AFC. Tapi sekarang, lebih tepat untuk mengatakan ini adalah awal dari sebuah komitmen bersama untuk kemajuan sepak bola di Asia Tenggara itu sendiri." Jelas Dood.

Kepastian Australia menjadi anggota AFF, tentu sangat mengejutkan. Setelah di tahun 2006, Australia memutuskan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Setelah masuk menjadi anggota AFC, timnas Australia pun mencatatkan sejarah baru dengan berlaga diajang Piala Dunia (PD) 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

"Tentu saja kami sangat terhormat bisa bergabung dengan AFF. Dan kami tidak sabar untuk jadi anggota aktif dan memberikan kontribusi nyata," tutur CEO sekaligus Sekertaris Umum (Sekum) FFA, David Gallop.

Namun, belakangan tersiar kabar jika Australia sendiri telah menolak untuk berpartisipasi di dalam ajang AFF 2014. Australia yang saat ini duduk di peringkat 46 rangking FIFA hanya ingin mengirimkan tim muda dan tim futsal Australia di kejuaraan Piala AFF.

"Kami tidak akan mengirimkan tim terbaik di dalam kejuaraan Piala AFF. Tapi kami berkomitmen untuk mengirimkan pemain muda dan tim futsal kami dikejuaraan AFF," tutur Manajer Humas FFA Mark Jansen.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1012 seconds (0.1#10.140)