Jacksen: Ada Australia, sepak bola Indonesia tidak kiamat

Selasa, 27 Agustus 2013 - 20:57 WIB
Jacksen: Ada Australia, sepak bola Indonesia tidak kiamat
Jacksen: Ada Australia, sepak bola Indonesia tidak kiamat
A A A
Sindonews.com - Bergabungnya Australia menjadi bagian Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), tidak membuat pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Jacksen F. Tiago risau. Baginya, inilah kesempatan bagi sepak bola Indonesia untuk meningkatkan level permainan.
Federasi Sepak Bola Australia (FFA) resmi bergabung menjadi anggota ke-12 AFF. melalui Kongres Luar Biasa (KLB) AFF di Dili, Timor Leste, Senin (26/8). Dengan adanya peresmian tersebut, Negeri Kanguru pun berhak untuk ambil bagian di setiap ajang yang diselenggarakan AFF.

Berbagai pendapat pun mewarnai bergabungnya Australia menjadi anggota baru AFF. Banyak yang menilai positif bagi sepak bola Indonesia. Namun, banyak juga yang melihat bergabungnya Australia di AFF, akan menyulitkan langkah tim nasional (timnas) Indonesia untuk mewujudkan target menjadi juara Piala AFF untuk kali pertama.

Salah satu pandangan positif bergabungnya Australia datang dari Jacksen. Pelatih yang resmi menukangi timnas Indonesia sejak April lalu menilai, akan ada banyak sisi positif bagi sepak bola Indonesia dengan bergabungnya Australia di AFF. Dan salah satunya menurut Jacksen, sepak bola Indonesia akan semakin terpacu untuk meningkatkan level permainan.

"Saya tidak mengerti kenapa semua orang mempertanyakan hal itu. Seolah sepak bola Indonesia akan kiamat dengan bergabungnya mereka (Australia) di AFF," ungkap Jacksen.

"Saya sama sekali tidak khawatir. Lihatlah sisi positifnya. Dengan adanya peningkatan persaingan, otomatis sepak bola Indonesia harus berusaha meningkatkan juga level permainan. Tentu saja infrastruktur, jika ingin berprestasi," sambung pelatih yang mengantar Persipura Jayapura sebagai kampium Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013.

Jacksen pun menegaskan, jika sepak bola Indonesia tidak harus kawatir dengan bergabungnya Australia di AFC (Federasi Sepak Bola Asia) dan sekarang AFF. Karena menurut pelatih kelahiran Rio de Jeneiro, Brasil, 45 tahun silam tersebut, sepak bola Indonesia harus membuka mata lebar-lebar jika sepak bola akan terus berkembang.

"Intinya dari ini semua adalah, bukannya kita malah kawatir dengan apa yang sedang terjadi di dunia sepak bola saat ini. Tapi kita semua harus menyadari, jika sepak bola dunia terus berkembang. Dan sepak bola Indonesia, harus mengikuti dinamika tersebut," tutup Jacksen.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4299 seconds (0.1#10.140)