Persiba ajukan surat tunda lawan Persebaya

Rabu, 28 Agustus 2013 - 14:11 WIB
Persiba ajukan surat tunda lawan Persebaya
Persiba ajukan surat tunda lawan Persebaya
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul resmi mengirim surat permohonan penundaan jadwal pertandingan melawan Persebaya Surabaya. Fakor keamanan dan kondisi finansial tim berjuluk Laskar Sultan Agung menjadi alasan utama mengirim surat tersebut kepada operator liga, PT LPIS.

Manager Persiba Briyanto AS mengatakan, sesuai jadwal Persiba melawan Persebaya digelar Minggu (1/8) di Stadion Sultan Agung Bantul. "Kita tidak siap bertanding pada tanggal tersebut, karena berbagai alasan. Kita sudah mengirim surat agar laga ditunda. Surat dikirim hari ini (kemarin)," katanya, Rabu (28/8/2013).

Briyanto mengungkapkan alasan yang paling mendasar agar laga ditunda karena faktor keamanan. Dia menyebutkan, menghadapi Persebaya dipastikan melibatkan ribuan Bonek, sehingga membutuhkan pengamanan ekstra. "Pengamanan berlipat-lipat dibanding biasanya. Ada ring satu, ring dua dan ring tiga. Otomatis personel juga jauh lebih banyak," ujarnya.

Banyaknya jumlah personel yang dilibatkan, praktis membuat anggaran untuk pengamanan juga semakin besar. Padahal saat ini dari segi finansial, tim kebanggaan publik Bantul ini sedang kritis. "Untuk pengamanan, butuh biaya besar. Dan kita tidak siap untuk itu karena kondisi keuangan sedang tidak mendukung," ungkap mantan manager Timnas U-17 PSSI ini.

Dia menambahkan, seputar keterlibatan Bonek juga membuat ijin dari kepolisian sulit didapatkan. "Minta ijin dari kepolisian sulit karena menyangkut suporter Persebaya. Ini berbeda perlakuannya jika bertanding melawan tim lain, ijin dari kepolisian mudah didapatkan," ungkapnya.

Saat disinggung rencana mengalihkan venue pertandingan tidak di Stadion Sultan Agung, Briyanto enggan berandai-andai. Dia berharap, venue tetap di stadion yang selama ini menjadi home base Persiba (Stadion Sultan Agung). "Belum ada rencana ke arah itu (dipindah di stadion lain)," imbuhnya.

Briyanto mengungkapkan, jika PT LPIS mengabulkan permintaan Persiba, managemen juga belum bisa memastikan kapan laga kontra Bajul Ijo bisa digelar. Yang terpenting, saat ini managemen sudah mengirim surat penundaan kepada operator liga agar laga tidak digelar pada awal September. "Semoga dikabulkan," pintanya.

Dia mengungkapkan, dalam surat yang dikirim tersebut hanya seputar laga ditunda. "Kapan laga tundanya, kita belum tahu. Bisa di tengah-tengah putaran kedua atau akhir kompetisi," tuturnya.

Laga Persiba kontra Persebaya merupakan laga tunda pada putaran pertama lalu, tepatnya akhir Juni lalu. Namun, saat itu Persebaya meminta laga ditunda karena kondisi keuangan kurang mendukung. PT LPIS mengabulkan permintaan tersebut dan memberikan jadwal keduanya bermain pada 1 September. Kali ini, Persiba yang menginginkan laga kembali ditunda sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6517 seconds (0.1#10.140)