Dukung UU Anti Gay, gelar kehormatan terancam dicabut

Kamis, 05 September 2013 - 15:12 WIB
Dukung UU Anti Gay,...
Dukung UU Anti Gay, gelar kehormatan terancam dicabut
A A A
Sindonews.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan hukuman kepada atlet galah Rusia, Yelena Isinbayeva, terkait komentarnya terhadap masalah homoseksual yang dilontarkannya pada bulan lalu atau tepat di Kejuaraan Dunia atletik di Moskow.

Dalam konferensi persnya terakhirnya presiden IOC, Jacques Rogge mengatakan Isinbayeva tidak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi Rusia merancang undang-undang anti gay yang telah menimbulkan kecaman Internasional jelang Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia Februari mendatang.

Dengan pernyataan tegas seperti itu, juara dua kali Olimpiade ini bisa kehilangan perannya sebagai duta kehormatan atau atlet muda berbakat di Olimpiade. Ketika ditanya apakah Isinbayeva tetap sebagai duta Olimpiade, Rogge memberikan indikasi publik pertama bahwa dia bisa disingkirkan dari peran.

"Ini adalah sesuatu yang kami akan mempertimbangkan putusan itu tepat pada waktunya," kata Rogge dilansir The Australian Sport, Kamis (5/9/2013).

"Kami semua tidak boleh lupa bahwa Olimpiade ini merupakan pementasan dari setiap negara. Karenanya Komite Olimpiade Internasional tidak ingin dipengaruhi terhadap urusan kedaulatan negara," tambahnya.

Isinbayeva mengutuk homoseksualitas dan mengkritik dua atlet Swedia yang dicat kuku mereka dengan warna pelangi dalam mendukung hak-hak gay. Keesokan harinya, ia mengatakan komentar dalam bahasa Inggris mungkin pernyataan itu telah disalahpahami.

Akibatnya sejumlah aktivis bahkan Presiden AS, Barack Obama angat bicara seputar masalah ini. Para aktivis telah menyerukan akan memboikot Olimpiade Sochi, sementara AS yang diwakili oleh Obama serta Perdana Menteri Inggris, David Cameron telah memutuskan akan keluar dari event olahraga terbesar empat tahunan ini jika masalah tersebut belum juga terselesaikan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0140 seconds (0.1#10.140)