Isu utama sidang IOC

Kamis, 05 September 2013 - 15:51 WIB
Isu utama sidang IOC
Isu utama sidang IOC
A A A
Sindonews.com - Pemilihan presiden baru Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan penentuan tuan rumah Olimpiade 2020, akan menjadi agenda utama yang akan dibahas dalam sidang di Buenos Aires, Argentina pada 10 mendatang. Selain dua agenda utama tersebut, ada juga beberapa hal yang akan dibahas nantinya.

Dilansir ArabNews, Kamis (5/9/2013), beberapa isu yang akan dibahas antara lain yakni menentukan arah gerakan olimpiade untuk dekade berikutnya, memilih pengganti Jacques Rogge, tuan rumah Olimpiade 2020, dan menganalisa dua olahraga yang akan masuk pada 2020 mendatang seperti gulat dan sofbal.

Saat ini sudah ada tiga kandidat presiden yang siap menggantikan Rogge. Mereka adalah, Thomas Bach, Ng Ser Miang, dan Richard Carrion. Sementara ada tiga negara yang sudah masuk dalam daftar kandidat tuan rumah Olimpiade 2020. Istambul, Tokyo, dan Madrid.

Istanbul sudah lima kali melamar, Madrid tiga dan Tokyo dua kali. Ketiganya memiliki masalah politis, ekonomis dan kelemahan lain. Pemenang akan ditentukan bukan karena atribut positifnya tetapi karena kelemahannya lebih sedikit dari saingannya. Madrid dan Tokyo sudah pernah menjadin tuan-rumah. Jika Istanbul terpilih maka olimpiade untuk pertama kali diadakan di bagian baru dunia, di negara yang penduduknya umumnya Muslim.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7514 seconds (0.1#10.140)