Afghanistan raih juara Piala Asia Selatan 2013

Kamis, 12 September 2013 - 11:26 WIB
Afghanistan raih juara Piala Asia Selatan 2013
Afghanistan raih juara Piala Asia Selatan 2013
A A A
Sindonews.com - Afghanistan sukses meraih gelar sepak bola internasional pertamanya setelah mengalahkan India di partai final turnamen Piala Asia Selatan dengan skor 2-0.
Dalam pertandingan yang digelar di Dasarath Rangasala Stadium, Kathmandu, Rabu (11/9). Dua gol Afghanistan dicetak oleh Mustafa Azadzoy dan Sandjar Ahmadi.
Kemenangan negara yang dilanda konflik ini langsung disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat Afghanistan. Para suporter turun ke jalan di kota Kabul dan membunyikan klason mobil.
Federasi Sepak Bola Afghanistan dibentuk pada 1922. Mereka berafiliasi ke FIFA pada 1948 dan masuk konfederasi AFC di tahun 1954. Namun, dalam beberapa dekade terakhir sepak bola, dan kegiatan olahraga di negara tersebut tidak berjalan.
Perang yang terus berkecamuk dan Taliban yang sempat berkuasa di negara tersebut melarang setiap kegiatan olahraga. Bahkan, stadion tidak lagi dijadikan arena pertandingan, tapi diubah menjadi tempat eksekusi buat mereka yang dianggap membangkang
Tapi, secara perlahan kondisi itu berubah drastis. Kegiatan sepak bola dan olahraga lainnya kembali hidup. Meskipun belum pernah lolos ke Piala Dunia dan Piala Asia, peringkat FIFA terus menanjak. Terakhir mereka berada di posisi 139.
"Anda tidak bisa membayangkan betapa besar kemenangan ini untuk negara, fans, tim, dan saya. Ini adalah pertandingan penting bagi kami , dan bukan hanya karena kami ingin membalas dendam," kata pelatih Afghanista, Yousef Kargar di situs resmi FIFA.
"Kami telah membuktikan bahwa kami bisa berbicara di dunia sepak bola. Tim kami telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir dan saya yakin kami akan menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang," sambungnya.
Kemenangan 2-0 atas India menjadi pembalasan sempurna atas apa yang terjadi dua tahun sebelumnya. Ketika itu di pertandingan final turnamen yang sama, Afganistan tunduk dengan skor telak 0-4
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8410 seconds (0.1#10.140)