Usung pencak silat Surabaya Go International

Senin, 23 September 2013 - 16:45 WIB
Usung pencak silat Surabaya Go International
Usung pencak silat Surabaya Go International
A A A
Sindonews.com - Target membawa pencak silat Surabaya berkibar di arena internasional. Ya, itulah ambisi yang diusung Bambang Haryo setelah terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Surabaya dalam Musyawarah Kota (Muskot) IPSI Surabaya di GOR Gilang Tandes.

"Terus terang ini merupakan tantangan bagi saya, bagaimana caranya membuat wajah pencak silat Surabaya ini berprestasi serta mampu mengangkat nama Surabaya. Baik di tingkat nasional maupun internasional. Tentunya lewat prestasi atletnya," kata Bambang yang akan memimpin IPSI Surabaya hingga 2017 mendatang.

Pria yang juga menjabat sebagai Dirut PT Dharma Lautan Utama ini menekankan di bawah komandonya IPSI Surabaya bertekad menjadikan pencak silat sebagai wadah pendidikan moral dan agama. "Saya ingin pencak silat ini mampu menjadi sarana pemersatu dan meningkatkan pertahanan bangsa," tandasnya

Dalam Muskot, yang dihadiri 29 perguruan pencak silat dari 33 perguruan anggota IPSI Surabaya, pria yang juga menjabat sebagai pembina Perguruan Silat Joko Tole itu terpilih secara aklamasi mengantikan ketua umum lama M. Mahmud. Selain memilih ketua umum baru, agenda Muskot juga menilai laporan ketua umum yang lama.

Awalnya ada tiga kandidat calon ketua umum yang bakal maju dalam pemilihan ketua IPSI Surabaya periode 2013-2017. Selain Bambang Haryo dari perguruan silat Jokotole juga Zaenudin dari perguruan silat Setia Hati Terate dan Akhmad Junaidi dari Pengkot IPSI. Namun dalam perkembangnya, Zaenudin dan Akhmad Junaidi memilih untuk mengundurkan diri. Dalam acara tersebut juga dihadiri ketua IPSI Jatim, Rasiyo.

"Dengan terpilihnya Bambang Haryo sebagai ketua IPSI Surabaya secara aklamasi kami berharap, IPSI bakal lebih maju serta mampu mencetak prestasi yang lebih baik," ujar Rasiyo yang juga yang juga menjabat Sekdaprov Jatim.

Senada Sekretaris KONI Surabaya, Hosni Abdullah mengatakan figur Bambang Haryo dianggap tepat memimpin IPSI Surabaya. Sebab. bukan orang baru di dunia persilatan.

"Pak Bambang sudah lama ada di dunia beladiri. Jadi kalau terpilih sebagai Ketua IPSI Surabaya, itu sudah tepat. Harapan kami, semoga ketua baru mampu menjaga pembinaan atlet dan perguruan silat. Selain itu berharap semoga IPSI bisa memiliki kesekretaritan, karena selama ini belum memiliki tempat," ujarnya.

Sedangkan Ketua Perguruan Silat Sawunggaling Surabaya, Supadi meminta kepada Bambang Haryo agar di era kepemimpiannya bisa memberikan perhatian lebih kepada perguruaan. Karena selama ini perguruan adalah tempat awal mencetak pesilat.

"Kami sangat berharap ketua yang baru peduli kepada perguruaan yang mampu mencetak pesilat berprestasi. Bentuk perhatiannya yakni di bidang pendanaan dan peralatan," tuturnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5530 seconds (0.1#10.140)