IOC simpan medali perunggu Armstrong

Rabu, 02 Oktober 2013 - 20:45 WIB
IOC simpan medali perunggu...
IOC simpan medali perunggu Armstrong
A A A
Sindonews.com – Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menerima medali perunggu yang pernah diterima mantan pembalap Lance Armstrong di ajang Olimpiade 2000. IOC sendiri sebelumnya telah melucuti gelar peringkat ketiga yang pernah diraih Armstrong lantaran mantan pembalap asal Amerika Serikat itu terbukti menggunakan doping sepanjang karirnya.

IOC mengakui medali perunggu Olimpiade 2000 milik Armstrong sudah mereka terima hari ini dari Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC). Selanjutnya medali perunggu tersebut ditempatkan dalam ruang penyimpangan di kantor pusat IOC, Lausanne, Swiss.

“Ya kami sudha memilikinya. Kembalinya medali ini menandai berakhirnya bab menyedihkan dalam dunia olahraga,”ujar juru bicar IOC Mark Adam.

IOC tidak akanmengalokasikan medali perunggu Armstong, sama halnya seperti federasi sepak bola Internasional yang tidak menyatakan pemenang untuk tujuh balapan Tour de France.

Dalam Olimpiade di Sydney itu, Armstrong finis di posisi ketiga di nomor time trial, setelah rekan setinya Vyacheslav Ekimov yang menjadi juara. Posisi runner up ditempati pembalap Jerman Jan Ulrich dan diikuti pembalap asal Spanyol Abraham Olano Manzano yang berada di peringkat keempat.

IOC memutuskan untuk peringkat ketiga di ajang tersebut kini menjadi lowong. Tahun lalu IOC juga mencoret gelar juara rekan Armstrong Tyler Hamilton yang meraih medali emas di nomor time trial di Olimpiade Athena 2004 setelah diketahui adanya penggunaan doping.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3221 seconds (0.1#10.140)