Berharap Olimpiade bisa satukan rakyat Rusia

Senin, 07 Oktober 2013 - 01:41 WIB
Berharap Olimpiade bisa satukan rakyat Rusia
Berharap Olimpiade bisa satukan rakyat Rusia
A A A
Sindonews.com - Obor olimpiade telah diserahkan kepada penyelenggara Olimpiade musim. Api Olimpiade yang akan digunakan dalam pesta olahraga Olimpiade Musim Dingin di Sochi tiba di Moskow, Rusia pada Minggu (06/10).

Api Olimpiade ditempatkan di dalam lentera dan tiba di ibukota Rusia setelah diterbangkan dengan pesawat Aeroflot dari Yunani.

Wakil Perdana Menteri Dmitry Kozak mengawal lentera bersama atlet Rusia Lydia Skoblikova dan Presiden Komite Panitia Olimpiade Dmitry Chernyshenko.

Wakil perdana menteri mengatakan Olimpiade Musim Dingin menyatukan negaranya.

"Proses persiapan pesta olahraga Olimpiade menyatukan rakyat Rusia. Ini menjadikan dorongan kuat bagi transformasi berbagai aspek kehidupan kita," kata Kozak, seperti dilansir BBCsport.

Selanjutnya salah satu simbol paling terkenal di dunia itu, katanya, akan diarak dalam bentuk obor selama 123 hari dan akan menempuh jarak 65.000 kilometer di berbagai penjuru Rusia.

Obor Olimpiade Musim Dingin akan dibawa oleh 14.000 orang sebelum digunakan dalam upacara pembukaan di Sochi pada Februari 2014.

Panitia mengatakan mengingat medan dan luas wilayah Rusia, obor tidak hanya diusung oleh pembawa obor tetapi juga akan diangkut dengan mobil, pesawat, kereta api dan kereta luncur yang ditarik anjing dan rusa kutub.

Rute obor antara lain melewati kawasan Baikal dan puncak tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus. Obor bahkan akan diterbangkan dengan roket Soyuz ke Stasiun Ruang Angkasa.

Komite penyelenggara telah melakukan proyek investasi terbesar dalam sejarah olimpiade. Olimpiade Sochi diperkirakan yang termahal sejauh ini. Pengeluaran untuk infrastruktur diproyeksikan mencapai US$50 miliar, melonjak dari prediksi awal $12 miliar ketika Sochi dipilih menjadi tuan rumah.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)