Musprov PRSI Sumsel gelap, polo air vakum berkompetisi

Rabu, 09 Oktober 2013 - 22:09 WIB
Musprov PRSI Sumsel gelap, polo air vakum berkompetisi
Musprov PRSI Sumsel gelap, polo air vakum berkompetisi
A A A
Sindonews.com - Ketidakjelasan musyawarah provinsi (Musprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatera Selatan membuat aktivitas cabang olahraga menjadi vakum. Salah satunya adalah polo air. PRSI Sumsel sendiri sudah habis masa kepengurusannya terhitung sejak September 2012 lalu.

Pelatih polo air Sumsel, Irwan Salam mengatakan, saat ini pihaknya tidak bisa berbuat banyak selain menunggu pelaksanaan musprov dan terbentuknya kepengurusan PRSI Sumsel yang baru. Karena itulah, dia sangat berharap agar musprov segera dilaksanakan sehingga atlet polo air bisa mengikuti berbagai even untuk mengembangkan potensi mereka.

"Karena akibat vakumnya kepengurusan PRSI, kita sulit untuk mengikuti berbagai kejuaraan karena statusnya belum jelas. Salah satu dampaknya, kita tidak bisa mengikuti Liga Polo Air ketiga yang akan digelar akhir Oktober nanti,"jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, vakumnya kepengurusan PRSI Sumsel terjadi usai Ketua PRSI Sumsel, Ahmad Rizal mengundurkan diri satu tahun lalu. Sejak itulah, cabor Polo Air seperti kehilangan induknya, terlebih lagi dalam hal pendanaan. Sementara masalah dana menjadi salah satu faktor yang paling utama dalam mengembangkan prestasi, terutama apabila ingin mengikuti even-even kejuaraan.

Dengan kondisi seperti ini, maka saat ini para atlet hanya melakukan latihan-latihan biasa yang dilakukan 3 kali seminggu.

"Jadi apabila kita ingin mengikuti sebuah even, walaupun dari KONI sudah Acc, maka kita harus menggunakan uang sendiri terlebih dahulu meskipun setelah itu diganti. Selain itu, tanpa adanya kepengurusan Pengprov PRSI kita bingung ketika ditanya dari provinsi mana. Untuk masalah dana, memang kita ada wacana untuk mencari sponsor atau semacam bapak angkat, tapi untuk itu tentu masih akan membutuhkan Acc dari pengurus Pengprov PRSI Sumsel," terangnya.

Irwan juga menginformasikan, sebenarnya saat ini sudah ada orang yang bersedia menjadi calon ketua PRSI Sumsel, yakni Bochari Rahman. Bahkan hal ini telah diketahui oleh Ketua KONI Sumsel, Muddai Madang, Ketua PRSI yang lama Ahmad Rizal dan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.

"Beliau sudah menyatakan mau menjadi Ketua PRSI, tetapi tentu saja harus menunggu pelaksanaan Musprov. Kalau memang nantinya Musprov cepat dilaksanakan dan beliau memang terpilih menjadi ketuanya, maka harapan kami dengan adanya kepengurusan yang baru PRSI bisa lebih maju," jelas Irwan.

Untuk diketahui, cabor Polo Air mati suri sejak usainya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 lalu. Salah satu atlet Polo air putri, Ida mengaku sangat merindukan atmosfer pertandingan.

Apalagi beberapa liga telah dilewatkan selama 2013 ini, seperti liga Polo Air putaran 1 putra dan putri di Padang pada bulan Juni kemudian Liga Polo Air kedua di Bandung pada bulan Agustus. Yang ketiga rencananya akan dilaksanakan pada 25 Oktober mendatang.

"Saya sudah kangen dengan suasana pertandingan. Tahun ini kami benar-benar tidak ada kegiatan. Kami sangat sedih dengan kondisi ini. Apalagi di SEA Games di Myanmar nanti polo air tidak dipertandingkan,"kata Ida.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5321 seconds (0.1#10.140)