Mo Farah rela berkorban untuk Inggris

Rabu, 16 Oktober 2013 - 15:36 WIB
Mo Farah rela berkorban untuk Inggris
Mo Farah rela berkorban untuk Inggris
A A A
Sindonews.com - Juara marathon Olimpiade London, Mo Farah, mengaku bangga menjadi orang Inggris dan mewakili negaranya di cabang lari.

Ia mengatakan hal itu sehubungan dengan perdebatan sengit di Inggris menyusul komentar pemain sepak bola Jack Wilshere yang mengatakan bahwa hanya orang Inggris yang seharusnya boleh mewakili tim nasional.

"Ketika saya berlari untuk negara saya adalah negara tempat saya dibesarkan dan tempat saya melakukan segalanya," kata Mo Farah, seperti dilansir BBCsport.

"Usai saya hampir 31 tahun dan sebagian besar hidup saya di Inggris, bersekolah di sini dan belajar semuanya, jadi bagi saya hal ini sama sekali berbeda."

Farah dilahirkan di Somalia tetapi berpindah ke Inggris ketika masih berusia delapan tahun.

Lebih lanjut ia mengatakan beberapa pelari Kenya mewakili negaranya di Kejuaraan Dunia dan Olimpiade tetapi enam bulan kemudian mereka terjun di kejuaraan mewakili negara lain.

"Ini tidak baik. Ketika Anda berlari untuk negara Anda maka Anda harus bangga dengan negara Anda," tutur Mo Farah.

Menurutnya, atlet seharusnya tidak berpindah kewarganegaraan hanya untuk mendapatkan uang lebih banyak.

Pekan lalu gelandang tim nasional Jack Wilshere mengatakan hanya warga Inggris saja yang seharusnya turun mewakili negara.

Wilshere mengatakan hal itu untuk menanggapi kemungkinan pemain remaja Manchester United, Adnan Januzaj, bisa bermain untuk Timnas Inggris bila lolos persyaratan lima tahun menetap seperti yang ditetapkan FIFA.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6910 seconds (0.1#10.140)