Skuad pelatih Persib makin lengkap

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 20:17 WIB
Skuad pelatih Persib makin lengkap
Skuad pelatih Persib makin lengkap
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung tak mau tanggung membenahi kekuatan untuk Indonesia Super League (ISL) musim 2014. Tidak hanya komposisi pemain yang mendapat sorotan dari pelatih kepala, Djadjang 'Djanur' Nurdjaman.

Kendati terbilang tidak besar, tim pelatih pun terkena perombakan. Di ISL musim 2013, Djanur membawahi empat orang sebagai penopang kinerjanya. Yaitu Asep Sumantri dan Sutiono lamso sebagai Asisten Pelatih, Anwar Sanusi sebagai pelatih kiper, dan Dino Sefriyanto selaku pelatih fisik.

Musim depan, wajah baru dipastikan bergabung dengan tim pelatih Pangeran Biru untuk memandu para pemain dalam mengarungi ISL. Dua sosok yang masuk adalah Herrie Setyawan, dan Yaya Sunarya.

Herrie merupakan mantan pemain Persib era 1990-an yang selama kariernya berposisi sebagai pemain belakang. Pria kelahiran 8 Maret 1969 ini masuk dalam tim Persib sebagai Asisten Pelatih, menggantikan Sutiono Lamso.

"Ada nama baru di Asisten Pelatih, yaitu Herrie Setyawan. Untuk asisten lainnya, yaitu Asep Sumantri dan Anwar Sanusi tetap dipertahankan," tutur Djanur.

Selain merupakan mantan pemain Persib, usai pensiun sebagai pesepakbola, Herrie terjun ke dunia kepelatihan. Dia tercatat pernah tergabung dengan tim pelatih di SSB UNI Bandung, Pelita Jaya U21, dan beberapa tim lainnya. Saat ini, Herrie mengantongi sertifikasi C AFC.

Pemilihan Herrie sebagai asisten pelatih, merupakan salah satu langkah Djanur dalam membenahi lini belakang Persib. Di ISL musim 2013, sektor pertahanan Pangeran Biru memang menjadi sisi terlemah tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini. Di saat lini depan begitu subur melahirkan gol, jala Persib masih sering digetarkan para pemain lawan, bahkan dengan gol-gol yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

"Dilihat dari spesialisasi posisi, bisa dikatakan musim ini asisten pelatih Persib lebih lengkap. Musim kemarin, saya tidak punya asisten dengan latar belakang pemain bertahan, semuanya mantan pemain menyerang. Dengan begitu kebutuhan tim sudah tersedia, semua lini sudah ada spesialisnya masing-masing, baik belakang, tengah, maupun depan," kata Djanur.

Pemilihan Herrie juga disebabkan oleh kebijakan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), yang bertekad menggunakan jasa para alumni Pangeran Biru. Perusahaan penaung Atep dkk ini mewajibkan asisten pelatih diisi oleh mantan pemain Persib, dengan tujuan melahirkan pelatih andal dari Bandung.

Satu lama lainnya yang menjadi wajah baru di tim pelatih Persib adalah Yaya Sunarya. Dia diplot mengisi posisi pelatih fisik yang pada musim sebelumnya dipercayakan pada Dino Sefriyanto.

"Kalau secara resmi sih belum ya, karena harus ada negosiasi dan penyediaan kontrak dulu oleh manajemen. Tapi terkait kesiapan dan tugas masing-masing nantinya, itu sudah deal," pungkas Djanur.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7835 seconds (0.1#10.140)