45 SSB berebut terbaik di Garuda Cup 2013

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 21:21 WIB
45 SSB berebut terbaik di Garuda Cup 2013
45 SSB berebut terbaik di Garuda Cup 2013
A A A
Sindonews.com - Persaingan sengit meronai Festival Sepak Bola Anak-Anak Garuda Anak Nusantara Garuda Cup 2013 di lapangan Labda Prakasa Nirwikara Koohanud, Halim, Jakarta Timur, Sabtu pagi (26/10). Sejak pukul 08.00 WIB, ratusan bocah-bocah dari 45 Sekolah Sepak Bola (SSB) dari beberapa daerah di Indonesia bertarung menjadi yang terbaik di dua kelompok umur (KU). Yakni 22 SSB berjuang di KU-10 dan 23 SSB bersaing di KU-12.

Sengatan sinar mentari yang memanaskan lapangan di kompleks TNI Angkatan Udara, Halim, itu tak memudarkan semangat juang para bocah usia sekolah dasar tersebut. Mereka bersaing memamerkan skill mengolah si kulit bundar untuk memenangkan pertandingan.

Turnamen yang dihelat dua hari, Sabtu (26/10) dan Minggu (27/10) itu meerapkan sistem setengah kompetisi. Pertandingan dimainkan di empat lapangan yang berstandar nasional. SSB yang mengikuti turnamen ini berasal dari beberapa daerah di Jabodetabek, Lampung, dan Pontianak.

"Hari ini, dari pagi sampai sore, seluruh SSB saling mengalahkan baik di KU-10 dan KU-12 di babak penyisihan untuk berebut tiket semifinal . Babak semifinal dan final dimainkan keesokan hari," kata Ketua Panitia Garuda Cup Endra Gunawan kepada Sindonews.

Endra mengungkapkan, turnamen tiga bulanan ini menjadi kesempatan bagi para pelatih untuk mengetahui perkembangan peningkatan kemampuan selama berlatih di SSB. Turnamen kali ini merupakan fase ketiga dari empat kesempatan dalam setahun. Fase pertama dihelat 20-21 April 2013. Sedangkan fase kedua dilagakan 4-6 Juli 2013.

’’Turnamen ini semacam try out bagi pemain setelah tiga bulan berlatih di SSB masing-masing,’’tukas pria yang juga ketua perkumpulan SSB Badan Sepak Bola Garuda Anak Nusantara .

Turnamen Antar SSB Garuda Cup 2013, kata Endra, diharapkan bisa menjembatani SSB agar mengikuti kejuaraan resmi dalam kalender PSSI. Apalagi, turnamen ini mengikuti sistem pertandingan yang tertata rapi sejak awal. "Seluruh peserta telah melalui skrining ketat sejak pendaftaran agar tidak terjadi pencurian umur," jelasnya.

Empat SSB masing-masing di KU-10 dan KU 12 akan melanjutkan perjuangan di babak semifinal dan final pada Minggu pagi. SSB yang memenangi turnamen ini akan mendapatkan uang pembinaan.

Rencananya, turnamen akan ditutup oleh Vice President News & Corporate Secretary MNCTV Ray Wijaya. Sebelum penutupan, para peserta dan penonton akan dihibur lomba juggling bola yang pesertanya dari bocah SSB.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6065 seconds (0.1#10.140)