NBL Indonesia umumkan roster musim reguler 2013-2014

Selasa, 29 Oktober 2013 - 01:51 WIB
NBL Indonesia umumkan roster musim reguler 2013-2014
NBL Indonesia umumkan roster musim reguler 2013-2014
A A A
Sindonews.com - Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia musim 2013-2014 punya potensi menjadi yang paling seru dalam sejarah basket profesional tanah air. Menginjak season keempat di bawah pengelolaan PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, kompetisi kasta tertinggi ini menjadi magnet berkumpulnya para pemain terbaik. Itu bisa dilihat dari roster (daftar pemain) 12 tim peserta
“Untuk kali pertama sejak NBL Indonesia bergulir pada 2010, semua bintang terbaik di negeri ini berkumpul dalam satu liga dan siap menyuguhkan aksi terbaiknya. Para senior bernama besar akan tampil, bergabung dengan bintang-bintang yang mencuat dalam tiga tahun terakhir. Plus, ada puluhan rookie (pendatang baru) ikut hadir, beberapa punya potensi menjadi superstar masa depan,” kata Azrul Ananda, commissioner NBL Indonesia, direktur PT DBL Indonesia.
Transaksi paling hot dilakukan oleh CLS Knights Surabaya. Klub kebanggaan publik Kota Pahlawan ini merekrut salah seorang point guard terbaik Indonesia, Mario Wuysang, yang sebelumnya berlaga di liga basket ASEAN.
Sempat membela Garuda Bandung di Preseason Tournament 2010, Mario untuk kali pertama akan tampil di musim reguler NBL Indonesia pada 16-24 November mendatang di GOR Bimasakti Malang.
”Saya tahu liga ini (NBL Indonesia) semakin heboh. Banyak pemain dengan talenta yang luar biasa datang dari berbagai kota. Saya sudah tak sabar untuk segera berkompetisi dengan mereka,” ujar Roe.
Kerinduan bermain di NBL Indonesia membuat beberapa pemain memutuskan comeback. Christian Ronaldo Sitepu, salah satunya. Dia resmi didaftarkan dalam roster Satria Muda BritAma Jakarta menghadapi musim reguler Speedy NBL Indonesia 2013-2014.
Center yang akrab disapa Dodo ini akan melakoni comeback pada kompetisi basket kasta tertinggi di tanah air, setelah absen semusim karena berlaga di liga ASEAN. Meski demikian, Dodo baru akan beraksi di seri kedua, di Jakarta, Januari 2014 nanti. Dia kini sedang mengikuti pemusatan latihan Timnas Basket Indonesia proyeksi SEA Games 2013 di Myanmar.
Selain Dodo, sederet pemain bintang lain yang bakal comeback adalah Amin Prihantono (Satria Muda), Agustinus Indrajaya (Satria Muda), Agung Sunarko (CLS Knights), dan Donny Ristanto (Pacific). Ikut serta Andre Tiara yang kembali dari masa pensiun untuk membela JNE BSC Bandung Utama.
Fenomena trade atau pertukaran pemain kian menambah seru peta persaingan antarkontestan yang semakin merata. Salah satu trade terbesar musim ini melibatkan dua pemain bintang dari dua tim papan atas. Satria Muda Britama Jakarta melepas Galank Gunawan ke Garuda Kukar Bandung. Sebagai ganti, Satria Muda mendapat Vinton Nolland Surawi dari Garuda.
Persaingan musim ini juga bakal makin segar, dengan munculnya muka-muka baru yang tersebar pada hampir seluruh kontestan liga. Sebanyak 30 rookie bakal mencicipi atmosfer liga level teratas. Ini menjadi sinyal positif atas berlangsungnya proses regenerasi.
Semifinalis musim lalu, Garuda Kukar Bandung, tetap paling konsisten mengorbitkan pemain muda. Merujuk data yang diregistrasikan, Garuda paling banyak mendaftarkan rookie. Tim asal Bandung itu kembali mengoptimalkan kuota maksimum dengan mendaftarkan 5 rookie. Para rookie itu adalah Frans Agustinus Tjaswadi, Fredy, Muhammad Rizal Falconi, Permadi Ario Damar, dan Hirnando Eka Putra.
Sejumlah tim lainnya juga berani menurunkan bintang-bintang muda. Bimasakti Nikko Steel Malang, JNE BSC Bandung Utama, Pacific Caesar Surabaya, dan Satya Wacana Metro LBC Bandung, masing-masing mendaftarkan empat rookie. Sebagian besar rookie tersebut telah menunjukkan prospek yang menjanjikan. Mereka mampu bersaing dengan para seniornya saat diberi kesempatan tampil pada Preseason Tournament di DBL Arena Surabaya, 21-29 September lalu.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7322 seconds (0.1#10.140)