8 Negara meriahkan dragoan boat Makassar

Jum'at, 08 November 2013 - 13:49 WIB
8 Negara meriahkan dragoan boat Makassar
8 Negara meriahkan dragoan boat Makassar
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 200 pedayung mancanegara dari delapan negara tampil dalam Fastival Dragoan Boat 2013 di Pantai Losari Makassar 8-10 November.

Selain klub dayung Indonesia yang menyiapkan satu tim, juga terdapat peserta klub dayung dari, Australia, Inggris, Iran, India, Fhilipina, Malaysia dan Singapura. Setiap tim diisi 12 pedayung.

"Bahkan ada beberapa negara menurunkan lebih dari satu tim seperti Malaysia dan Fhilipina," kata Ketua Panitia Festival Dragoan Boat Makassar, Arwan Tjahjadi usai pembukaan acara di Makassar, kemarin.

Even internasional yang memadukan antara olahraga dan wisata ini dibuka Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. "Ini sebenarnya lebih pada lomba hura-hura yang memadukan unsur pariwisata dan olahraga. Tujuannya manarik wisatawan mancanegara ke Makassar," jelas Arwan.

Karena tujuannya mendongkrak sektor pariwisata, lanjut dia, peserta adalah mahasiswa dan klub-klub dayung dari berbagai negara. Arwan mengemukakan, jumlah peserta kali ini meningkat dua kali lipat dibanding Dragon Boat 2012 lalu.

Vice President International Dragon Boat Festival Mr. Jonathan Mayne dalam sambutannya memuji keramahan pemerintah dan warga kota Makassar. "Anda telah menghangatkan hati kami dengan penyambutan yang begitu bersahabat. Mudah-mudahan festival perahu naga menjadi cara yang indah untuk menyatukan masyarakat yang berbeda budaya," ujarnya.

Jonathan berjanji akan mengirim laporan ke kantor pusat IDBF sekaligus mempromosikan Makassar Dragon Boat ke pentas dunia. "Saya yakin para petinggi IDBF akan terkesan dengan laporan kami. Makassar sangat indah dan potensial untuk ajang internasional seperti ini," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Jonathan menyerahkan sertifikat IDBF yang mengikat Makassar sebagai anggota IDBF internasional. Berbekal sertifikat tersebut, IDBF membuat peluang festival di Makassar dengan jumlah peserta lebih banyak.

Sementara, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengemukakan, sertifikat dari IDBF merupakan pengakuan dunia bahwa Makassar siap menggelar iven internasional. Ilham menegaskan Festival Dragon Boat akan menjadi icon baru kota Makassar yang diselenggaran setiap Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar.

“Sertifikat keanggotaan ini adalah pengakuan bahwa kita dipercaya menjadi tuan rumah untuk menggelar even Internasional seperti ini. Kita semua akan bekerja lebih keras lagi menjadikan even olahraga ini sebagai ikon bagi Makassar di dunia luar," ucapnya.

Ilham juga berharap dukungan penuh Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pariwisata serius memasukkan agenda ini dalam program nasional 2014 dan tahun-tahun berikutnya.

Pembukaan Makassar Dragon Boat juga dihadiri Bupati Donggala yang juga Ketua Persatuan Olahraga Dayung Sulawesi Tengah Habir Ponulele, Staf Ahli Menpora Faisal Abdullah, Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Maya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8658 seconds (0.1#10.140)