Chris John di ambang sejarah

Kamis, 05 Desember 2013 - 23:51 WIB
Chris John di ambang...
Chris John di ambang sejarah
A A A
Sindonews.com - Jawara tinju kelas bulu super WBA asal Indonesia, Chris John, bertekad mempertahankan gelarnya saat menghadapi pemegang sabuk juara kelas bulu IBO Simpiwe Vetyeka di Metro City, Perth, Australia, Jumat (6/12). Bahkan, The Dragon -julukan Chris John- juga akan berusaha merebut gelar milik lawannya asal Afrika Selatan tersebut.

Pada pertandingan kali ini, Chris John sangat yakin bisa mempertahankan gelar juaranya yang ke-19 kalinya. Jika mampu melakukannya, dia akan menciptakan sejarah dan menyamai rekor milik Eseubio Pedroza yang juga pernah mempertahankan 19 kali gelar juara kelas bulu WBA. Apalagi, dia sangat yakin bisa menaklukkan Vetyekan di pertandinganya yang ke-52 itu.

"Kami sudah melihat dan mempelajari pertarungan Vetyeka. Saya sangat yakin bisa mengatasinya setelah kami sudah berada di atas ring," kata Chris John dilansir fightnews.

Meski sudah hampir delapan bulan tidak bertanding, Chris John tetap percaya diri bisa bisa bertandingan dengan baik. Walaupu pertandingan terakhirnya menghadapi petinju asal Jepang Satoshi Hosono, tidak berjalan mulus akibat dihentikan di ronde ketiga.

Ketika itu, lawannya dinilai menanduk kepalanya hingga mengakibatkan luka serius di mata kanan. Akibat kejadian itu, Chris John tidak bisa melanjutkan pertandingan dan perebutan gelar dinyatakan selesai melalui keputusan technical draw.

Petinju yang bernaung di bawah Sasana Dragonfire Promotions ini, sudah menjalani 51 pertandingan, dengan 48 kemenangan, 22 di antaranya dengan KO (knock out). Sejauh ini, petinju berusia 34 tahun itu sudah menguasai gelar tersebut selama 10 tahun. Ketika itu, dia pertama kali merebut gelar di kelas bulu pada 26 September 2003 saat mengandaskan petinju asal Kolumbia Oscar Leon.

Sedangkan lawannya, Vetyaka, adalah petinju yang mengalahkan Daud Yordan saat petinju Indonesia itu menjadi juara dunia kelas bulu IBO pada pertarungan 12 ronde di Jakarta, 14 April lalu. Bahkan, dia juga memiliki sabuk gelar kelas Bantam. Bahkan, petinju berusia 32 tahun ini memliki rekor 25 kemenangan, 15 di antaranya dengan KO.

Dengan rekor seperti itu, Vetyeka semakin optinis bisa menjatuhkan Chris John di laga itu. Apalagi, dia sudah mengidamkan gelar milik The Dragon yang sudah bertahan cukup lama. Bahkan, sejak kemenanganya atas Daud Jordan, dia sudah meniatkan bertanding dengan petinju asal Jawa Tengah itu.

Akan tetapi, dia mengaku butuh waktu untuk melakukan pukulan bagus di pertandingan nanti. Sebab, V12 -julukan Vetyeka- merasa tidak akan mudah menjatuhkan Chris John dengan cepat. Tapi, kesempatan untuk mendapatkan itu tetap besar.

"Saya telah memenangkan pertandingan di Amerika, Mexiko, serta berhasil menghentikan Daud Yordan di negaranya sendiri," tegas Vetyeka. "Tapi, kali ini merupakan pertandingan yang cukup berat dan butuh waktu lama. Tapi, saya akan menjatuhkan Chris John setelah ronde ketujuh," Optimisnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5828 seconds (0.1#10.140)