PSM injak tanah Papua

Rabu, 01 Januari 2014 - 15:57 WIB
PSM injak tanah Papua
PSM injak tanah Papua
A A A
Sindonews.com -- Skuad Juku Eja PSM, dipastikan berlaga di stadion Mandala Papua saat mengikuti kompetisi Inter Island Cup (IIC) yang diselenggarakan 10-25 Januari mendatang setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menetapkan venue pertandingan.

Sebelumnya, induk organisasi tertinggi di Indonesia tersebut, telah menetapkan empat zona wilayah dipenyisihan grup kompetisi pra musim terbesar di Indonesia ini, yakni zona Sumatera dua peserta, zona Jawa 12 peserta, sementara zona Kalimantan dan Papua plus Sulawesi empat perserta. Bahkan PSSI sudah menetapkan format kompetisinya.

Untuk zona Sumatera formatnya yakni home away antara Sriwijaya FC dan Semen Padang yang dan hanya satu klub terbaik akan mengikuti babak delapan besar. Sementara untuk di zona Jawa PSSI membagi menjadi tiga grup yakni Jawa I akan berlaga di stadion Si Jalak Harumpat Bandung dengan empat klub yakni, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persita Tangerang, Persijap Jepara. Untuk Jawa II dipusatkan di stadion Kanjuruhan Malang dengan peserta Arema Cronous, Persija Jakarta, Persepam Madura United dan Persela Lamongan.

Selanjutnya untuk Jawa III akan digelar di stadion Bung Tomo Surabaya diikuti oleh,
Persebaya Surabaya, Gresik United, Persik Kediri dan Persiba Bantul. Hanya pemuncak klasemen yang bisa masuk ke delapan besar. Sementara untuk zona Kalimantan dilangsungkan di stadion Demang Lehman, Martapura dengan peserta Barito Putera, Persiba Balikpapan, Persisam Putra Samarinda dan Mitra Kukar dua tim terbaik masuk delapan besar.

Sementara untuk zona Papua dan Sulawesi PSM Makassar akan bertandang ke stadion Mandala Jayapura, menantang tiga klub asal Papua yakni Persipura Jayapura Persiram Raja Ampat Perseru Serui PSM Makassar. Dua tim terbaik dari zona ini akan masuk ke babak selanjutnya. Babak penyisihan akan dilangsungkan pada 10-14 Januari, babak delapan besar mulai 18-22 Januari dan final pada tanggal 25 Januari mendatang.

Media Officer PSM Andi Widya Syadzwina membenarkan soal venue laga di IIC nantinya akan digelar di stadion Mandala Jayapura nantinya. "Kita memang sudah dapat infonya. Tapi surat resminya saya belum dapat. Mungkin diterima oleh atasan," kata dia saat dikonfirmasi.

Dirinya menjelasakan, sampai kemarin belum ada tanggapan resmi dari pihak manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri terkait venue laga IIC tersebut. "Belum ada tanggapan resminya," pungkas wanita yang akrab disapa Wina ini.

Sementara itu, manajer tim PSM Abdul Rahim mengatakan, sebenarnya dirinya berharap jika Pasukan Ramang melakoni laga IIC di daerah Jawa. "Kan kalau di Papua, susah lapangan, sementara tim harus latihan setiap harinya," ujar pria yang akrab disapa Aim ini.

Sementara saat ini, Jorg Peter Steinebrunner masih menyatukan seluruh pemainnya untuk bisa lebih maksimal di kompetisi ini. Apalagi di East Java Turnament, Pasukan Ramang harus menelan dua kekalahan. Untuk itu, Jorg telah melakukan sharing dengan para mantan pemain PSM membahas soal tim ke depannya.

Najib La Tandang penasehat teknik PSM mengatakan, memang dilakukan pembicaraan antara tim kepelatihan dan mantan pemain PSM. "Yah hanya sekedar berdiskusi bagaimana tim ini nantinya, apalagi Jorg juga pasti senang bisa ketemu sama mantan pemain PSM," ungkapnya.

Najib yang juga mantan pemain PSM ini mengatakan, dalam pertemuan tersebut, diupayakan beberapa mantan punggawa Juku Eja bisa bertatap muka sama pelatih. "Mungkin sekitar lima sampai 10 mantan pemain yang masih ada di Makassar," pungkasnya.

Zona Sumatera
(home and away)
Sriwijaya FC
Semen Padang FC

Zona Grup Jawa 1
(Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung)
Persib Bandung
Pelita Bandung Raya
Persita Tangerang
Persijap Jepara

Zona Grup Jawa 2
(Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang)
Arema Cronous
Persija Jakarta
Persepam Madura United
Persela Lamongan

Zona Grup Jawa 3
(Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya)
Persebaya Surabaya
Gresik United
Persik Kediri
Persiba Bantul

Zona Kalimantan
(Stadion Demang Lehman, Martapura)
Barito Putera
Persiba Balikpapan
Persisam Putra Samarinda
Mitra Kukar

Zona Sulawesi dan Papua
(Stadion Mandala, Jayapura)
Persipura Jayapura
Persiram Raja Ampat
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7734 seconds (0.1#10.140)