Buntut tuduhan Armstrong, UCI sita komputer

Jum'at, 03 Januari 2014 - 15:54 WIB
Buntut tuduhan Armstrong, UCI sita komputer
Buntut tuduhan Armstrong, UCI sita komputer
A A A
Sindonews.com - Presiden Balap Sepeda Internasional (UCI), Brian Cookson segera memerintahkan tiga orang komisi independen untuk melakukan penyelidikan di markas UCI di Aigle, Swiss. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah tuduhan yang sempat diutarakan Lance Armstrong terhadap keterlibatan mantan presiden Hein Verbruggen benar terbukti atau tidak.

Dilansir DailyMail, Jumat (3/1), Cookson memerintahkan ketiga komisi independen melakukan penyitaan komputer di markas UCI. Ia yang resmi menggantikan Verbruggen September lalu, meminta kepada ketiga ajudannya itu untuk berhati-hati saat akan menyita komputer tersebut.

"Mereka harus berhati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada yang hancur sedikitpun pada dokumen tersebut," tegas Cookson.

Sepengetahuan pembalap sepeda asal Amerika Serikat itu, Verbruggen terbukti menutup-nutupi doping pada gelaran Tour de France tahun 1999. Pasalnya, selama ia menjabat tidak pernah menjelaskan apakah zat kortikosteroid dilarang pada olahraga ini atau tidak.

"Komisi independen UCI sedang memproses penyelidikan. Sekarang kita sedang dalam diskusi lanjutan dengan pemangku kepentingan mengenai kerangka acuan untuk memungkinkan penyelidikan tersebut atas tuduhan yang berkaitan dengan doping. UCI akan mengkonfirmasi masalah ini lebih lanjut serta akan memberikan penjelasan mengenai hasil temuan tersebut pada waktunya," demikian pernyataan resmi UCI dilansir Sky Sports, Selasa (19/11) lalu.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7451 seconds (0.1#10.140)