Pemain timnas bela klub, persaingan makin hot

Kamis, 09 Januari 2014 - 15:23 WIB
Pemain timnas bela klub, persaingan makin hot
Pemain timnas bela klub, persaingan makin hot
A A A
Sindonews.com - Para pemain terbaik Indonesia yang membela tim nasional pada ajang SEA Games 2013 lalu akan terjun pada Seri II Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014 untuk membela timnya masing-masing, yang akan berlangsung di Jakarta pada 11-19 Januari mendatang. Kembalinya pemain timnas tersebut diprediksi membuat peta persaingan semakin panas.

Pada Seri I Malang 16-24 November lalu, hampir seluruh pelatih mengatakan bahwa kekuatan kontestan NBL bisa diraba. Absennya para pemainnya yang terjaring dalam timnas jelas merupakan kehilangan yang signifikan.

Sementara itu, kembalinya pemain timnas akan menjadi daya tarik yang lebih bagi fans. Nama-nama seperti Andakara Prastawa Dhyaksa (Aspac Jakarta) dan Kelly Purwanto (Pelita Jaya Energi-MP Jakarta) dikenal memiliki basis pendukung yang sangat masif.

Penjualan T-shirt Prastawa dan Kelly menjadi yang terlaris di DBL Store musim lalu. Namun, arti penting bagi Pras - panggilan akrab Prastawa - dan Kelly, tentu lebih dari soal penjualan kaus. Keduanya merupakan otak permainan dari masing-masing tim.

Tanpa Pras dan shooting guard Xaverius Prawiro, performa Aspac pada seri I jauh dari kata memuaskan. Sang juara bertahan itu mencatat dua kali kekalahan, yakni kala berhadapan dengan Satria Muda Britama Jakarta dan kontra Garuda Kukar Bandung.

Pelatih Aspac Rastafari Horongbala menegaskan, masuknya Pras dan Xaverius sangat penting. Dua pemain tersebut akan membuat sumber poin Aspac semakin banyak dan variatif. Fakta bahwa Pras dan Ius sudah lebih dari enam bulan tidak bersama Aspac, Coach Fari menuturkan bahwa hal itu tidak menjadi masalah besar.

''Tidak banyak perubahan dalam sistem kami. Seminggu latihan, (mereka) sudah bisa nyatu kembali,'' ucap Rastafari.

Pras mengaku bahwa kondisinya sedang bagus, meski sempat mengalami cedera engkel ringan. ''Saya siap main dan membantu tim. Kalau soal pola, hanya satu atau dua yang berubah. Saya bisa ikut polanya,'' kata pemain 21 tahun tersebut.

Sementara itu, Kelly menyatakan bahwa ujian pertamanya datang pada hari pertama Seri II (11/1). Pelita Jaya akan mendapat lawan tangguh, Garuda. Kelly sangat mungkin langsung menjadi starter. Sebab, pada hari yang sama, Robert Santo Yunarto, starter di seri I, melangsungkan pesta pernikahan.

''Saya memang enam bulan tidak bergabung dalam tim. Tetapi, saya ada di PJ sudah empat musim ini. Jadi, biasa aja. Memang ada beberapa pola baru. Tetapi, udah bisa kok adaptasinya,'' tutur Kelly.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8069 seconds (0.1#10.140)