Rusia perluas zona keamanan Olimpiade, Georgia protes

Rabu, 22 Januari 2014 - 12:19 WIB
Rusia perluas zona keamanan Olimpiade, Georgia protes
Rusia perluas zona keamanan Olimpiade, Georgia protes
A A A
Sindonews.com - Georgia melayangkan protes kepada Rusia terkait perluasan zona keamanan untuk Olimpiade Musim Dingin di Sochi, karena telah memasuki wilayah Abkhazia. Rusia dikatakan telah menciptkan zona baru yakni 11 km yang dimana 7 mil dari perluasan tersebut telah masuk dalam wilayah Abkhazia yang merupakan negara pecahan Georgia.

Seperti dilansir BBC, Rabu (22/1) Rusia memang tengah memperketat keamanan selama berlangsungnya musim dingin di Sochi. Sementara itu pemerintahan Georgia menyatakan prihatin yang mendalam karena perluasan keamanan yang dilakukan Rusia termasuk tindakan ilegal yang melanggar hukum.

Rusia sendiri telah menggelar operasi keamanan terbesar dalam sejarah Olimpiade yang mencakup 40 kilometer di sepanjang pantai Laut Hitam dari Abkhazia. Ancaman utama dari teroris dipandang sebagai salah satu penyebab Rusia memperketat penjagaan mereka, apalagi belum lama ini terjadi bom bunuh diri di Rusia.

Sedangkan pasukan keamanan Abkhazia akan diikutsertakan dalam pengamanan Olimpiade Sochi untuk berpatroli di zona perbatasan baru dan penduduk setempat juga diwajibkan membawa kartu ID di sepanjang perhelatan Olimpiade.

Sementara itu diketahui Rusia dan Georgia memang tidak mempunyai hubungan diplomatik sejak perang antara keduanya. Pejabat Rusia sendiri mengumumkan perluasan wilayah ini hanya sebatas hingga Olimpiade Sochi berakhir, yakni 21 Maret.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8736 seconds (0.1#10.140)