AS kawal keamanan di Rusia

Jum'at, 24 Januari 2014 - 13:56 WIB
AS kawal keamanan di...
AS kawal keamanan di Rusia
A A A
Sindonews.com - Amerika Serikat selaku peserta Olimpiade musim dingin di Sochi, membuat penjelasan terkait keamanan di Rusia. Juru bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby menyatakan bahwa militernya sedang melakukan perencanaan dalam menjaga aset mereka (para atlet) selama mengikuti Olimpiade tersebut.

Namun, tambah Kirby, keamanan ini bukan merupakan bentuk permintaan negara Rusia. Melainkan inisiatif dari AS itu sendiri untuk memberikan bantuan terkait masalah keamanan di Kota Sochi.

"Amerika Serikat sudah membuat kejelasan terkait keamanan di Rusia, bahwa kami bersedia membantu dengan cara apapun yang kita bisa," ungkap Kirby dilaman Reuters, Jumat (24/1).

Kirby membantah anggapan banyak pihak yang menilai bahwa Rusia cenderung lamban dalam penanganan masalah terorisme ini. Menurutnya, mereka justru terbilang serius dalam masalah ini dan tidak ada keraguan tentang hal itu. "Saya percaya mereka telah mengeluarkan energi sebanyak mungkin untuk memberikan keamanan di Olimpiade sebaik mungkin," tambahnya.

Sementara itu, menanggapi bantuan AS, Dmitry Peskov, juru bicara Vladimir Putin memberikan pandangannya. Ia mengatakan meskipun AS sudah memberikan bantuan, namun masalah keamanan tetap menjadi tanggung jawab tuan rumah.

"Setiap ancaman pasti datang di lokasi Olimpiade, dan masing-masing negara (peserta) mengambil langkah untuk memberikan keamanan," timpal Peskov.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0380 seconds (0.1#10.140)