Wow, anggaran Olimpiade melambung tinggi

Jum'at, 24 Januari 2014 - 15:19 WIB
Wow, anggaran Olimpiade melambung tinggi
Wow, anggaran Olimpiade melambung tinggi
A A A
Sindonews.com - Anggaran operasi untuk Olimpiade dan Paralimpiade pada tahun 2016, melonjak 27 persen atau USD293 miliar. Hal itu disampaikan pihak penyelenggara dalam konferensi pers, Kamis (23/1) waktu setempat. Dalam acara tersebut dijelaskan bahwa kenaikan itu karena adanya faktor, seperti inflasi dan teknologi baru.

Artur Nuzman selaku presiden Komite Olimpiade Brasil menerangkan dengan adanya kenaikan sekitar 27 persen, dia mengklaim dapat menghelat ajang bergengsi empat tahunan tersebut dengan megah. Lebih dari setengah anggaran berasal dari sponsor lokal. Sementara Komite Olimpiade Internasional (IOC) memberikan kontribusinya sebesar 21 persen.

"Tujuan kami adalah untuk mengadakan ajang ini dengan megah. Kami ingin memastikan anggaran berimbang dan menghindari transfer dana publik untuk panitia," kata Nuzman dilaman Reuters, Jumat (24/1).

Keputusan itu datang tujuh bulan setelah masyrakat Brasil melakukan protes saat gelaran Piala Konfederasi. Di mana ratusan ribu orang turun ke jalan, karena mereka menganggap dana yang digunakan pihak penyelenggara untuk pembangunan Stadion sepak bola termegah menggunakan dana publik. Sementara gedung sekolah, rumah sakit, dan transportasi umum tidak layak untuk digunakan.

Pekan lalu, presiden OIC, Thomas Bach melakukan pertemuan dengan Presiden Brasil Dilma Rousseff di Brasilia. Kunjungan Bach ini merupakan pertama kalinya di negara penyelenggara pertandingan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tersebut. Kedua pihak menghabiskan dua jam lebih dalam sebuah rapat tertutup dan Bach yakin perhelatan ini akan berjalan sukses.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7566 seconds (0.1#10.140)