Aroma korupsi warnai gelaran Olimpiade Sochi

Selasa, 28 Januari 2014 - 12:06 WIB
Aroma korupsi warnai...
Aroma korupsi warnai gelaran Olimpiade Sochi
A A A
Sindonews.com - Rusia selaku tuan rumah Olimpiade musim dingin di Sochi terus diguncang permasalahan internal. Mulai dari serangan terorisme, keamanan, dan yang terbaru adalah masalah korupsi.

Alexei Navalny membuat kabar mengejutkan terkait masalah korupsi yang melibatkan presiden Rusia, Vladimir Putin. Pemimpin oposisi Rusia itu menerbitkan data anggaran pemerintah dan perusahaan konstruksi di sebuah situs (sochi.fbk.info).

Dalam situs itu diketahui bahwa penyelenggaraan Olimpiade di Sochi telah memakan biaya yang fantastis. Bahkan biaya yang dikeluarkan pemerintah Rusia jauh lebih mahal ketimbang penyelenggaraan musim dingin di Vancouver pada tahun 2010 lalu.

"Biaya keseluruhan Rusia telah mencapai $ 50 miliar, yang membuat Olimpiade Rusia lima kali lebih mahal daripada Olimpiade Vancouver tahun 2010 lalu," kata Navalny dilaman Reuters, Selasa (28/1).

Navalny menuduh Putin telah mempertaruhkan budaya korupsi ke dalam permainan. Bahkan dia membantu memperkaya rekannya dengan memberi mereka kontrak untuk membangun tempat Olimpiade dengan biaya yang melampaui fasilitas.

"Proyek Sochi tidak hanya menghasilkan Olimpiade yang fantastis, tetapi mereka juga memperkaya teman dekat Putin," tukasnya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9197 seconds (0.1#10.140)