IOC: Podium bukan panggung politik

Selasa, 28 Januari 2014 - 12:08 WIB
IOC: Podium bukan panggung...
IOC: Podium bukan panggung politik
A A A
Sindonews.com - Thomas Bach membuat pernyataan tegas kepada atlet yang turun dalam ajang Olimpiade musim dingin di Sochi. Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) itu menyatakan akan memberikan hukuman kepada atlet yang mengomentari UU anti-gay yang diterapkan pemerintah Rusia, ketika berada di podium.

"Hal ini sangat jelas bahwa di setiap kompetisi internasional seperti Olimpiade tidak dapat digunakan sebagai panggung untuk demonstrasi politik. IOC akan memberikan hukuman yang tegas, jika atlet melanggarnya," kata Bach dilaman Reuters, Selasa (28/1).

Kendati tidak diperkenankan berbicara saat berada di podium. Tapi IOC tetap memberikan keleluasaan kepada atlet untuk bisa memberikan komentarnya ketika berada di konferensi pers.

"Setiap atlet pasti menikmati kebebasan berbicara, jadi mereka diperkenankan mengeluarkan komentar apapun dalam konferensi pers. Terlebih jika mereka ingin memberikan pernyataan politik," lanjutnya.

Olimpiade musim dingin di Sochi tinggal menyisakan dua pekan lagi. Semua persiapan dari segi keamanan hingga infrastruktur terus dilakukan Rusia selaku tuan rumah penyelenggaraan event ini.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6349 seconds (0.1#10.140)