Revolusi Eden Hazard bersama Mourinho

Selasa, 11 Februari 2014 - 20:32 WIB
Revolusi Eden Hazard bersama Mourinho
Revolusi Eden Hazard bersama Mourinho
A A A
Sindonews.com - Ketika Jose Mourinho kembali ke kursi pelatih Chelsea, pelatih asal Portugal itu menuntut sesuatu yang lebih dari seorang Eden Hazard. Penampilan pemain berusia 23 tahun itu tidak mengecewakan dan dia tampil bersinar musim ini.

Lihat saja hattrcik-nya ke gawang Newcastle United, Sabtu (8/2) lalu. Dan tanpa sungkan Mourinho melayangkan pujian kepadanya. Mou mengatakan pemain asal Belgia itu sebagai pemain muda terbaik di dunia sekarang. Mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu bahkan memprediksi Hazard akan bisa menjadi pemain besar jika bisa mempertahankan level permainannya.

Lalu bagaimana Hazard bisa berevolusi seperti sekarang ini?

Pada musim lalu Hazard menunjukkan kilatan kualitas tanpa pernah benar-benar konsisten dalam menunjukkan potensinya. Itulah adalah kasus dimana dia lebih bermain individu. Dia akan menunjukkan penampilan brilian, melewati bek lawan dan memberikan umpan kepada rekannya.

Musim ini dia menemukan level terbaiknya. Dari statistik, dia telah mengemas tiga gol lebih banyak musim ini (dari 9 penampilan) dibanding yang dilakukannya musim lalu, dengan mengemas hampir 10% dari peluangnya. Mou mampu mebantunya menjadi lebih konsisten dalam mencetak gol.

Kini Hazard menjadi pencetak gol terbanyak klub dengan 12. Selain gol, kreatifitasnya juga meningkat. Dia menjadi pemain yang disegani jika sudah menggiring bola di Liga Premier dengan catatan 93 kali menggiring bola, lebih banyak dari pemain lain di Liga Premier. Jumlahnya itu dua kali lebih banyak dibanding musim lalu.

Perubahan Taktik

Musim lalu Hazard memainkan peran bebas dalam formasi 4-2-3-1, sedangkan tahun ini dia lebih konsisten dengan bermain di posisi sayap kiri. Dia tidak lagi memiliki kebebasan yang sama untuk berubah posisi ke kanan dan mengabaikan tanggung jawabnya dalam membantu pertahanan,

Ketika melawan Manchester City, dia bermain ke depan tapi mampu membuat dua clearances, 1 intercept dan memenangkan dua takle. Dia memiliki lebih banyak kesadaran dalam tugasnya ketika tanpa bola sekarang dan dengan cerdik menempatkan posisinya dalam serangan balik. Itu adalah sesuatu yang krusial untuk Mourinho di musim ini.

Hazard 2012/13 v Hazard 2013/14
Gol Konversi Peluang per laga Dribble per laga
2012/13 9 20,9% 1,9% 1,8
2013/14 12 30,8% 2,5% 3,7%
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2725 seconds (0.1#10.140)