PT DBL Indonesia rilis jadwal baru laga tunda

Senin, 17 Februari 2014 - 07:40 WIB
PT DBL Indonesia rilis jadwal baru laga tunda
PT DBL Indonesia rilis jadwal baru laga tunda
A A A
Sindonews.com - Speedy NBL Indonesia 2013-2014 seri III Solo terpaksa berhenti di tengah jalan karena abu vulkanis akibat letusan Gunung Kelud. Begitu pula laga-laga Speedy WNBL Indonesia. Total sebanyak 15 game (sepuluh NBL dan lima WNBL) terpaksa ditunda. Kondisi itu memiliki efek berantai terhadap jadwal pada tiga seri selanjutnya.
PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara kedua liga langsung bekerja cepat menyelesaikan revisi jadwal musim reguler. Ada beberapa poin perubahan yang harus dilakukan untuk mengakomodir laga-laga yang ditunda. Salah satunya adalah penambahan hari pelaksanaan Seri IV Bandung.
Seri yang semula diselenggarakan sembilan hari dan dimulai di hari Sabtu itu (8 hingga 16 Maret) akan ditambah sehari. Jadi, Seri Bandung akan berlangsung selama sepuluh hari, dimulai pada Jumat (7/3) hingga Minggu (16/3).
Ada empat game penundaan dari Seri Solo yang akan dimainkan pada hari Jumat (7/3) di Seri Bandung. Yakni, Bimasakti Nikko Steel Malang versus Pacific Caesar Surabaya, Garuda Kukar Bandung vs Satya Wacana Metro LBC Bandung, JNE BSC Bandung Utama vs Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta, serta CLS Knights Surabaya vs Satria Muda BritAma Jakarta.
Dua laga lain dari Seri Solo yang dipindahkan ke Seri Bandung adalah Pacific Caesar Surabaya versus Hangtuah Sumsel IM dan NSH GMC Jakarta vs Stadium Jakarta.
Sementara itu, tiga laga tertunda lainnya dari Seri Solo akan disusulkan pada Seri V Jakarta yang tetap dilaksanakan pada 19-27 April mendatang. Dan, satu laga lagi disusulkan pada Seri VI di Surabaya, 10-18 Mei nanti.
Opsi penambahan hari juga dilakukan untuk mengakomodir lima laga Speedy WNBL Indonesia yang tertunda di Seri Solo. Seri WNBL yang biasanya dimulai hari Rabu dan berlangsung selama lima hari, masing-masing akan ditambah satu hari pelaksanaan. Namun, penambahan hari itu baru akan dilakukan pada Seri IV Jakarta dan Seri V Surabaya.
Seri keempat WNBL di Jakarta April mendatang akan berlangsung selama enam hari, mulai Selasa (22/4) hingga Minggu (27/4). Sedangkan Seri V Surabaya yang merupakan seri penutup musim reguler 2013-2014, akan berlangsung 13-18 Mei mendatang.
Revisi jadwal ini akan memunculkan dampak yang tak bisa dihindarkan pada tiga seri mendatang. Beberapa tim (baik NBL maupun WNBL) harus menjalani tiga game beruntun. Hal ini sudah dikomunikasikan kepada semua klub.
"Kami benar-benar mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada publik Solo atas pembatalan tiga hari pertandingan di sana. Namun kondisi benar-benar memaksa pembatalan itu untuk dilakukan. Tim kami berusaha keras untuk membuat jadwal revisi yang terbaik, dengan kompromi-kompromi sebaik mungkin kepada semua tim yang terkena dampaknya. Dengan merilis revisi secepat mungkin, kami berharap semua pihak bisa melakukan persiapan terbaik," kata direktur PT DBL Indonesia, commissioner NBL dan WNBL Indonesia, Azrul Ananda.
Dampak lain dari revisi jadwal ini adalah memaksa beberapa tim NBL harus berlaga sampai tujuh kali dalam satu seri. Padahal, biasanya satu tim bertanding lima hingga enam kali dalam satu seri.
Penyelenggara juga akan memajukan jam pertandingan menjadi lebih pagi. Beberapa pertandingan WNBL Indonesia ada yang dimulai pukul 08.00. Sedangkan NBL Indonesia akan ada yang mulai tipoff pada pukul 11.00. Biasanya jadwal NBL Indonesia paling awal adalah pukul 12.00.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5928 seconds (0.1#10.140)