Obama kembali tegaskan dukung atlet gay

Senin, 17 Februari 2014 - 17:14 WIB
Obama kembali tegaskan...
Obama kembali tegaskan dukung atlet gay
A A A
Sindonews.com - Setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang mendukung pernikahan sejenis, kini Obama kembali menegaskan dukungannya untuk pernikahan atlet Missouri Tigers dengan Michael Sam menyusul keputusannya mengumumkan secara terbuka bahwa ia gay.

Sam membuat wahyu dalam sebuah wawancara televisi hari Minggu lalu, yang berarti bahwa ia akan menjadi pemain pertama gay dalam sejarah NFL jika ia terpilih dalam Draft May.

Obama menulis dalam Twitter yang mengatakan Sam telah mengumumkan awal dan ia akan banjir dukunga pada hari Minggu.

"Aku benar-benar menyukai fakta bahwa Sam melakukannya karena sikapnya itu, 'Kau tahu apa, aku tahu siapa aku. Aku tahu aku bisa bermain sepakbola dan menilai saya pada manfaat,'" kata Obama TNT, seperti dilansir Sportmole, Senin, (17/2).

Obama mengirimkan pesan jelas pada Rusia atas perlakuan mereka terhadap kelompok homoseksual dengan memilih atlet-atlet gay yang mewakili Amerika Serikat dalam Olimpiade Musim Dingin di Sochi.

Mantan petenis Billie Jean King akan menjadi salah satu dari dua atlet yang terbuka dengan homoseksualitasnya dalam delegasi AS untuk upacara-upcara pembukaan dan penutupan, Obama mengumumkan Selasa (17/12). Untuk pertama kalinya sejak 2000, Amerika tidak akan mengirim presiden, mantan presiden, ibu negara atau wakil presiden ke acara tersebut.

Selain King, pemain hoki Caitlin Cahow adalah atlet gay lain dalam delegasi, yang akan menghadiri upacara penutupan.

Rusia menghadapi kecaman keras karena mengesahkan undang-undang nasional yang melarang “propaganda gay.” Meski Gedung Putih tidak secara spesifik menyebutkan aturan Rusia tersebut dalam pengumumannya, juru bicara Shin Inouye mengatakan delegasi tersebut “mewakili keragaman di Amerika Serikat” dan bahwa Obama “paham bahwa mereka akan memperlihatkan pada dunia hal-hal terbaik mengenai Amerika – keberagaman, determinasi dan kerja kelompok.”

Gedung Putih mengatakan jadwal Obama tidak memungkinkannya menghadiri Olimpiade.

“Ini hal yang positif untuk melihat perwakilan gay yang terbuka dalam delegasi,” ujar Michael Cole-Schwartz, juru bicara kelompok Kampanye Hak Asasi Manusia, yang baru-baru ini mengirim surat untuk mendesak Obama menyertakan gay dan lesbian dalam delegasi Olimpiade.

“Semoga ini mengirimkan pesan pada Rusia dan seluruh dunia bahwa Amerika Serikat menghargai hak-hak sipil dan asasi dari kelompok LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0145 seconds (0.1#10.140)