Pesan perdamaian di penutupan Olimpiade Sochi

Senin, 24 Februari 2014 - 09:34 WIB
Pesan perdamaian di penutupan Olimpiade Sochi
Pesan perdamaian di penutupan Olimpiade Sochi
A A A
Sindonews.com - Olimpiade musim dingin 2014 di Sochi, Rusia, akhirnya secara resmi ditutup pada Minggu (23/2) malam waktu setempat. Upacara penutupan dilangsungkan di Fisht Olympic Stadium di Black Sea resort.

Dalam sambutannya, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengingatkan pesan Olimpiade yakni perdamaian, toleransi, dan saling menghormati. Bach, yang kini berusia 60 tahun, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tuan rumah dan para atlet yang berkompetisi. "Terima kasih Sochi! Terima kasih Rusia!" tegas Bach kepada hadirin.

"Para atlet, Anda telah menginspirasi kami selama ini selama 17 hari terakhir. Anda telah unggul dalam kompetisi dan berbagi emosi Anda dengan kami dan seluruh dunia. Anda telah merayakan kemenangan dan kekalahan dengan kebanggaan."

"Dengan hidup bersama di bawah satu atap di desa Olimpiade, Anda mengirim pesan yang kuat dari Sochi ke dunia, itu adalah sebuah masyarakat perdamaian, toleransi dan rasa hormat. Saya mengimbau pada semua orang yang terlibat dalam konfrontasi, penindasan dan kekerasan untuk bertindak dengan pesan Olimpiade ini yakni dialog dan perdamaian."

"Malam ini kami bisa mengatakan Rusia menyampaikan semua yang dijanjikan. Apa yang terjadi puluhan tahun di bagian lain dunia dicapai di sini di Sochi hanya dalam tujuh tahun. Seluruh rakyat Sochi dan Rusia layak mendapat terima kasih yang mendalam."

Dengan penutupan Olimpiade Sochi, maka secara resmi Olimpiade musim dingin selanjutnya diserahkan ke kota Pyeongchang di Korea Selatan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8840 seconds (0.1#10.140)