4 atlet renang Jateng disiapkan hadapi pelatnas

Kamis, 27 Februari 2014 - 15:44 WIB
4 atlet renang Jateng disiapkan hadapi pelatnas
4 atlet renang Jateng disiapkan hadapi pelatnas
A A A
Sindonews.com - Empat atlet renang Jawa Tengah (Jateng) mulai disiapkan untuk mengikuti seleksi Pelatnas. Keempat atlet tersebut adalah Ignatius Setyo Budi Utomo, Margaretha Kreitha Wardani, Kavita Krisna dan Sagita Putri yang bakal bersaing dengan total 24 atlet lainnya dari seluruh Indonesia yang masuk dalam program pelatnas.

Keempatnya akan seleksi untuk turun pada ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, pada 18 September - 4 Oktober 2014 mendatang. Saat ini mereka terus digembleng menjalani latihan kecepatan dan ketahanan tubuh di kolam renang di kompleks Stadion Jatidiri Semarang. Atlet Jateng sendiri sebenarnya sempat diturunkan pada ajang Sea Games di Myanmar 2013 namun gagal mendapatkan medali.

Indra Gunawan yang sempat diharapkan di nomor dada justru keluar dari target. Hal yang sama dialami Margareta Kreitha yang turun pada nomor 200 meter dan 100 meter gaya dada putri, serta Kavita Krisna pada nomor gaya dada 100 meter.

Meski masih kalah dibandingkan dengan atlet lainnya, namun baik Margaretha dan Kavita pada PON 2012 di Pekanbaru Riau mampu menyumbang medali emas untuk Jateng. Kendati gagal memboyong medali dalam Sea Games 2013, peluang Margaretha dan Kavita tetap terbuka untuk masuk pelatnas.

Tim pelatih PRSI Jateng Umar Fauzi mengatakan, sampai dengan saat ini Kavita Krisna masih menduduki rangking satu pada nomor 200 meter gaya dada, di PB PRSI dan Pengprov PRSI. Saat ini belum ditentukan batas limit waktu pada setiap gaya pada nomor yang ditarget oleh PB PRSI. Setelah ditetapkan batas limit waktu yang harus dilampaui atlet, nantinya ada promosi dan degradasi.

“Bulan berapa, nanti ada promosi dan degradasi. Setelah masuk pada tanggal try out, pada tanggal lomba sudah masuk berapa persen dari target tim tehnis, itu sudah masuk kriteria promosi dan degradasi atau tidak,” ucap Umar Fauzi di sela-sela memimpin latihan di kolam renang Stadion Jatidiri, Kamis (27/2).

Perenang yang tidak bisa mencapai batas minimal waktu yang telah ditetapkan, pada nantinya akan tersisih. Program makro dan hasil pertandingan dikomparasikan dan akan jadi hasil laporan untuk disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga. Sejumlah perenang nasional yang masih menjadi andalan utama Indonesia saat ini adalah Triady Fauzi pada nomor 100 meter dan 50 meter gaya bebas, I Gede Siman Sudartawa dan Ricki Angga Wijaya pada nomor 200 meter gaya punggung.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8621 seconds (0.1#10.140)