Championship Series NBL Indonesia digelar lebih awal

Rabu, 02 April 2014 - 13:42 WIB
Championship Series NBL Indonesia digelar lebih awal
Championship Series NBL Indonesia digelar lebih awal
A A A
Sindonews.com - Perhelatan Speedy NBL Indonesia 2013-2014 Championship Series di GOR UNY Jogjakarta bakal digelar sehari lebih awal. Babak perebutan gelar yang semula dijadwalkan mulai Sabtu (7/6) hingga Minggu (15/6), berubah menjadi 6 hingga 14 Juni mendatang.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi pembatalan kegiatan. Karena pada hari Minggu (15/6), bertepatan dengan dimulainya masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

PT DBL Indonesia selaku penyelenggara liga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) DI Jogjakarta. Semua kegiatan melibatkan masyarakat umum pada hari Minggu (15/6), tak akan mendapatkan izin. Kebijakan membatasi rekomendasi atau surat izin keramaian ini berlaku secara nasional. Mulai masa kampanye, minggu tenang, hingga penghitungan suara.

Sebagai dampak dari kondisi tersebut, untuk kali pertama sejak era NBL Indonesia bergulir, pelaksanaan Championship Series akan start pada hari Jumat. Sedangkan malam puncaknya atau grand final, berlangsung pada hari Sabtu.

”Setelah seri Bandung tergeser sehari akibat kampanye Pemilu, kami pun me-review jadwal yang tersisa. Walau jadwal ini sudah kami siapkan sejak tahun lalu, pada akhirnya kami harus mengantisipasi agar tidak ada lagi pembatalan atau pergeseran. Championship Series pun harus bergeser sehari,” kata direktur PT DBL Indonesia, commissioner NBL dan WNBL Indonesia, Azrul Ananda

Keputusan memajukan jadwal juga diambil untuk pelaksanaan fase akhir liga perempuan, Speedy Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia 2013-2014 Championship Series. Babak perebutan gelar akan dilangsungkan sehari lebih awal. Dimulai pada hari Selasa (10/6), sementara grand final dihelat pada hari Kamis (12/6).

Meski dimulai lebih awal, Azrul tetap optimistis. Perubahan ini tak akan menyurutkan antusiasme para penggemar basket dari penjuru negeri untuk hadir langsung ke Jogjakarta menyaksikan fase puncak nanti. Apalagi, persaingan di musim reguler sudah membuktikan bahwa musim ini adalah paling kompetitif dalam sejarah National Basketball League (NBL) Indonesia.

Tahun lalu, puluhan ribu penonton menyaksikan babak Championship Series di Jogjakarta. Gedung yang bisa menampung lebih dari 7.000 penonton sampai tidak cukup menampung.

Pihak penyelenggara pun mengantisipasikan Championship Series yang superseru, dengan penonton yang makin membeludak.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9359 seconds (0.1#10.140)