Fisik digenjot, VO2 max pemain Pra-PON Jatim meningkat

Jum'at, 04 April 2014 - 03:30 WIB
Fisik digenjot, VO2 max pemain Pra-PON Jatim meningkat
Fisik digenjot, VO2 max pemain Pra-PON Jatim meningkat
A A A
Sindonews.com - Tak sia-sia tim sepak bola Pra-PON Jatim menggembleng fisik pemain selama dua pekan di Gelora Bangkalan, Madura. Hasilnya, sebagian besar VO2 max para pemain mengalami peningkatan.

Pelatih tim sepak bola Pra-PON Jatim Hanafing mengatakan semua pemain mengalami peningkatan setelah dilakukan tes VO2 max.''Semua pemain sudah di atas angka 50 dan mendekati standart. Ini hasil dari program latihan fisik selama dua pekan,''ucapnya saat ditemui di Kantor KONI Jatim.

Bahkan lanjut Hanafing ada beberapa pemain yang melebihi standar sampai 55 dan 56. ''Sebelum dilakukan penggemblengan fisik, rata-rata nilai VO2 max pasukannya di bawah angka 50. Ini hasil baik untuk menerapkan program berikutnya,''ucapnya

Tak hanya pemain yang menjalani pemusatan latihan di Bangkalan yang mengalami kenaikan nilai VO2 max. Pemain-pemain Pra-PON Jatim yang memperkuat Tim Nasional (Timnas) juga mengalami hal serupa.

Dari informasi yang didapatkan Handing, bek tim PON Jatim Zainuri yang saat ini memperkuat Timnas U-23 tersebut berhasil mencapai angka 57. Sedangkan striker Ridho Nur Cahyo sukses menyentuh angka 54.''Padahal sebelum ke Timnas, nilai VO2 max kedua pemain ini hanya 48,"ucapnya.

Bagi Hanafing, peningkatn VO2 max cukup penting bagi timnya. Sebab, strategi yang dijalankan akan bisa diterapkan di lapangan jika pemain punya ketahanan fisik bagus.''Dengan fisik baik, maka pola apapun nantinya bisa dijalankan,''ucapnya.

Saat melakukan laga ujicoba melawan Timnas U-19 dalam Tur Nusantara, tim Pra PON Jatim banyak menuai pujian lantaran bisa memberikan perlawanan sehingga membuat skor akhir imbang 1-1. Namun saat itu, di lima belas menit terakhir, stamina terlihat terkuras habis sehingga banyak membuang bola.

Tim Pra-PON Jatim sendiri rencananya akan tampil di Liga Nusantara dengan memakai ''baju'' Perseba Bangkalan untuk memperebutkan tiket ke Divisi Utama musim depan. Sebelumnya, sebagian besar tim Pra-PON Jatim juga berhasil membawa Perseba menjadi juara Divisi III.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6242 seconds (0.1#10.140)