Kans Indonesia tuan rumah Asian Games 2019

Senin, 07 April 2014 - 19:13 WIB
Kans Indonesia tuan rumah Asian Games 2019
Kans Indonesia tuan rumah Asian Games 2019
A A A
Sindonews.com - Indonesia menguak kans menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Kendati sudah kalah dalam biding, namun kabar berembus Vietnam akan mundur sebagai tuan rumah Asian Games 2019.

Kabar tersebut diungkapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo di depan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim, Sugeng Riyono, dalam acara silahturahmi Menpora dengan Media di Restoran Rawon Setan, Surabaya, Sabtu (5/4) malam.''Kabar terbaru, Vietnam akan menyatakan mundur (sebagai tuan rumah Asian Games 2019). Indonesia sebagai negara terkuat kedua (dalam biding) harus menyatakan keberanian,''katanya.

Sebelumnya, pada November lalu, Indonesia ikut dalam biding host Asian Games 2019 dengan mengajukan Jawa Timur bersaing dengan Vietnam dan Arab Suadi. Namun, akhirnya kalah dengan Vietnam. Perkembangan terakhir, Vietnam mengelami berbagai masalah dalam persiapan menggelar even olahraga terbesar di Benua Asia itu. "Kami sudah menyatakan siap mengantikan Vietnam,''tandasnya.

Ditambahkan Roy Suryo, meski nantinya sudah ada pergantiaan pemerintahan, termasuk Gubernur Jawa Timur, Menpora maupun presiden, gelaran Asian Games 2019 di Jawa Timur harus mendapatkan dukungan seluruh kalangan.''Siapa pun gubernurnya, siapa pun menporanya, siapa pun presidennya, ini Indonesia. Saya tidak memandang siapa nanti (yang menjabat). Masyarakat harus siap,''tegasnya.

Indonesia sendiri sebenarnya sudah pernah sekali menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962 saat dipimpin Presiden Soekarno. Ketika itu, kontingen Indonesia berhasil menduduki peringkat dua setelah Jepang, dengan raihan 21 medali emas, 26 perak dan 30 perunggu.''Sudah saat Indonesia menjadi tuan rumah lagi,''ucap menpora.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1719 seconds (0.1#10.140)