Ubah pola, sistem tetap sama

Jum'at, 18 April 2014 - 02:24 WIB
Ubah pola, sistem tetap sama
Ubah pola, sistem tetap sama
A A A
Sindonews.com - PSM Makassar bakal mengubah pola bermainnya saat menantang Persipura Jayapura pada lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (19/4).

Meski tetap menggunakan formasi 4-2-3-1, namun arsitek Juku Eja, Rudy William Keltjes, memberikan intruksi agar bermain sabar. Apalagi, kualitas Persipura lebih di atas ketimbang lawan sebelumnya, Perseru Serui. Bukan hanya itu, pelatih asal Surabaya ini juga sudah kenyang pengalaman di Papua, dan hampir mengetahui pasti psikologi pemain Mutiara Hitam.

Rudy Keltjes menuturkan bahwa saat melawan Persipura nanti, dirinya sedikit mengubah pola bermain anak asuhnya. Namun, secara substansi, katanya, formasinya tetap sama. "Polanya tidak sama, tapi sistemnya sama meski komposisinya beda," ungkapnya ketika dikonfirmasi.

Memang komposisi Pasukan Ramang sedikit berbeda, seperti di jantung pertahanan, tim kepelatihan bakal menurunkan stopper mudanya Agung Prasetyo berduet dengan Boman Irie Aime, stopper asal Pantai Gading. Hal itu terpaksa dilakukan, pasalnya Djayusman Triasdi, yang turun di laga sebelumnya, masih mengalami cedera. Namun dua wing bek, tetap akan diisi Hendra Wijaya dan Rasul Zainuddin.

Pelatih berambut putih ini juga memasang Rasyid Assyahid Bakri, gelandang muda PSM, untuk memperkuat lini tengah yang sudah dihuni oleh Ponaryo Astaman, Syamsul Khaeruddin dan Robertino Pugliara. Sementara lini depan, striker lokal PSM, M Rahmat dan Abdul Abanda Rahmah, tetap dipercaya mengebrak pertahanan Boas Salossa dkk.

Rudy juga mengatakan, dirinya tidak akan memanggil pemain yang ada di Makassar, seperti Mario Alejandro Costas, striker asing asal Argentina yang sudah semakin membaik. "Kita tetap maksimalkan pemain yang ada. Apalagi Costas masih sakit," tuturnya.

Selain itu, kata dia, saat ini dirinya berharap agar melawan Persipura, anak asuhnya tetap disiplin menjaga pergerakan pasukan Jacksen F Tiago tersebut. "Di laga nanti, kuncinya anak-anak harus disiplin," pintanya.

Sementara itu, wing bek kanan PSM, Hendra Wijaya, menambahkan, dirinya bakal tampil maksimal jika tetap dipercaya oleh tim kepelatihan untuk mengawal pertahanan Pasukan Ramang. "Saya siap berbuat maksimal untuk tim. Apalagi jika dipercaya sama pelatih," janjinya.

Saat ini, skuad Juku Eja masih berada di posisi keenam klasemen sementara ISL Wilayah Timur. Pertemuan kedua tim ini bakal seru, pasalnya keduanya dalam kondisi onfire. PSM di laga sebelumnya berhasil menaklukkan Perseru Serui dengan skor 0-1. Sementara Persipura mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7116 seconds (0.1#10.140)
pixels