OCA bahas mundurnya Vietnam

Sabtu, 19 April 2014 - 13:31 WIB
OCA bahas mundurnya Vietnam
OCA bahas mundurnya Vietnam
A A A
Sindonews.com - Vietnam menarik diri sebagai tuan rumah Asian Games 2019. Alasannya, realistis, yakni karena kurang dana dan kurangnya minat publik.

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung mengumumkan keputusan tersebut hari Kamis di situs resmi pemerintah. Dengan kondisi ekonomi Vietnam yang terpuruk, katanya anggaran negara terbatas dan harus digunakan untuk kepentingan-kepentingan mendesak lainnya.

Bulan lalu, pemerintah mengatakan akan membutuhkan kira-kira 150 juta dolar USD untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Tetapi pihak lain mengatakan biayanya bisa jauh lebih tinggi.

Keputusan pemerintah untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia itu tidak banyak menarik minat publik dan semakin banyak pihak yang menentang.

Banyak kalangan mempertanyakan biaya ratusan juta dolar, apakah layak dianggarkan? Sementara negara itu masih belum pulih dari krisis keuangan dunia.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengatakan pada Jumat (18/4) mereka ‘terkejut’ atas keputusan tersebut dan akan mencari tuan rumah baru.

“Masalah ini akan dibicarakan oleh Dewan Olimpiade Asia,” kata Randhir Singh, Sekretaris Jenderal organisasi itu.

Hanoi terpilih sebagai tuan rumah Asian Games pada tahun 2012, mengalahkan kota Surabaya. Belum diketahui, kini kota mana yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2019.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3386 seconds (0.1#10.140)