Atlet Veteran Cekoslovakia Minta Maaf

Sabtu, 17 Mei 2014 - 15:28 WIB
Atlet Veteran Cekoslovakia  Minta Maaf
Atlet Veteran Cekoslovakia Minta Maaf
A A A
Sindonews.com - Para atlet veteran Cekoslavakia (sekarang sudah terpecah menjadi Rep. Ceko dan Slovakia) meminta maaf karena tidak sudi tampil di Olimpiade 1984 Los Angeles. Permintaan maaf ini mereka sampaikan ke Komite Olimpiade Rep. Ceko.

Keengganan tampil di Los Angeles merupakan salah satu bentuk boikot mereka. Maklum saja kala itu Cekoslovakia adalah sekutu Uni Soviet yang dikenal dengan sebutan Blok Timur. Bersama 14 negara di Blok Timur lainnya, Cekoslawakia membalas sikap Blok Barat yang dikomandani AS yang tidak mau berlaga di Olimpiade 1980.

Dalam acara ulang tahun perayaan Olimpiade 1984, para atlet ini mengakui kesalahannya. Sebab sebagai seorang atlet tidak boleh bersikap seperti itu. Namun suasana mencair dimana Komite Olimpiade Rep. Ceko memberikan medali dan sertifikat.

"Fair play adalah pesan dasar cita-cita olimpiade. Kita harus mampu untuk berdamai dengan apa yang terjadi di masa lalu," ujar Presiden Komite Olimpiade Rep. Ceko Jiří Kejval dalam sambutannya disitir insidethegame, Sabtu (17/5).

Dalam kesempatan tersebut Kejval meminta semua melupakan masa lalu. "Kita harus melupakan hal tersebut dan biarkan menjadi sejarah. Sekarang saatnya bagaimana membuat kebanggaan untuk negara."

Selama belum terpecah menjadi dua negara prestasi Cekoslawakia terbilang bersinar. Dari 15 keikutsertaanya di olimpiade mereka sudah mendulang 143 medali , di antaranya 49 adalah emas. Penampilan terbaik mereka saat tampil di Helsinki tahun 1952 dengan mendulang tujuh medali emas dan finis di posisi keenam .
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7532 seconds (0.1#10.140)