OCA Halalkan 14 Atlet Hongkong di AG

Sabtu, 31 Mei 2014 - 14:14 WIB
OCA Halalkan 14 Atlet Hongkong di AG
OCA Halalkan 14 Atlet Hongkong di AG
A A A
HONGKONG - Dewan Olimpiade Asia (OCA) akhirnya mengijinkan empat atlet Hongkong untuk berlaga di Asian Games 2014 Incheon, Korsel. Para atlet ini awalnya diharamkan ambil bagian di Asian Games karena tidak memiliki paspor Hongkong.

Dalam aturan Komite Olimpiade Internasional (IOC) setiap atlet yang membela satu negara harus memegang paspor dari negara yang dibelanya. Namun aturan ini akhirnya bisa berubah setelah OCA melakukan pertemuan dengan Komite Olimpiade Hongkong di Yangon, Myanmar awal bulan ini.

Keputusan akhirnya disepakati, meski tidak memegang paspor negara yang dibelanya boleh tampil asalkan sudah ambil bagian dalam kalender IOC, yakni di Asian Games 2010 Guangzhou, China. Dengan aturan tersebut berarti Hongkong dipastikan akan diperkuat enam atlet kriket Jamie Atkinson,
Waqas Barkat, Aizaz Khan, Roy Lamsam, Mariko Aota Hill dan Ishitaa Gidwani. Serta bisa menurunkan empat atlet rugby Anthony Haynes, Keith Robertson, Lindsay Varty dan kapten Jamie Hood. Atlet sepeda Meng Zhaojuan dan Diao Xiaojuan dipastikan juga akan tampil bersama dengan atlet berkuda Aram Gregory dan pesepakbola Xu Deshuai .

Sayangnya keputusan OCA tidak berlaku pada anggota tim balap sepeda Yang Qianyu dan Pang Yao. Kedua atlet ini tidak mendapatkan restu OCA karena tidak berlaga di Guangzhou 2010.

Tim balap sepeda Hongkong mengaku kecewa dengan absennya dua atlet andalannya ini. "Sejak lama kami sudah membuat tim yang berkualitas dan menargetkan medali emas di Incheon. Tapi Yang Qianyu dan Pang Yao tidak memenuhi syarat, yang berarti kita tidak bisa memasukannya dalam tim. Kami memang memiliki penggantinya, tetapi mereka belum mempunyai kualitas yang sama," ungkap Ketua Federasi Sepeda Hongkong Leung Hung Tak seperti dikutip insidethegame, Sabtu (31/5).

Hongkong telah ikut serta dalam 12 penyelenggaraan Asian Games. Dan, pada 2010 lalu sukses mendulang 40 mendali di mana delapan di antaranya adalah medali emas. Empat emas diperoleh dari cabang balap sepeda.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7082 seconds (0.1#10.140)