Besok, Championship Series NBL Indonesia Digelar

Kamis, 05 Juni 2014 - 19:38 WIB
Besok, Championship Series NBL Indonesia Digelar
Besok, Championship Series NBL Indonesia Digelar
A A A
YOGYAKARTA - National Basketball League (NBL) Indonesia 2013-2014 menginjak fase puncak. Setelah menjalani 198 pertandingan selama musim reguler, kompetisi basket kasta tertinggi di tanah air ini akan memasuki Championship Series. Delapan tim terbaik akan saling menggugurkan, dalam babak penentuan juara, yang bergulir 6-14 Juni mendatang di GOR UNY Jogjakarta.

Babak puncak ini masih memakai sistem gugur ganda atau double elimination. Kecuali di grand final, tim akan tersingkir setelah menelan dua kali kekalahan. Sistem ini dianggap meraih sukses besar pada tahun-tahun sebelumnya, menjadikan babak playoff ini penuh dengan laga-laga mendebarkan dan selalu menghadirkan kejutan.

”Sebagai penyelenggara liga, kami sangat antusias melihat persaingan superketat yang terjadi sepanjang musim ini. Bahkan, boleh dibilang ini adalah musim terketat dalam sejarah kompetisi basket di Indonesia,” kata commissioner NBL Indonesia sekaligus direktur PT DBL Indonesia, Azrul Ananda dalam rilisnya kepada Sindonews, Kamis (5/6).

Selaku penyelenggara, lanjut Azrul, PT DBL Indonesia siap menyajikan show spektakuler. ”Pada grand final nanti, kami telah menyiapkan show atraksi laser dengan dukungan tenaga profesional dari luar negeri. Kami ingin memberi persembahan spesial, karena kemungkinan besar ini adalah Championship Series terakhir di Jogjakarta. Tahun depan akan kami geser ke kota lain. Untuk informasi lebih lengkapnya, akan kami rilis setelah musim ini berakhir,” sambungnya.

Dengan memakai sistem double elimination ini, setiap tim memang punya satu kesempatan lagi apabila sekali kalah. Namun, opsi tersebut sangat dihindari. Sebab, kekalahan bisa merugikan baik fisik maupun mental. Sebaliknya, apabila berhasil menghindarkan kekalahan, hanya butuh empat kemenangan untuk menggenggam gelar. Karena itu, semua tim pasti mengincar jalur cepat menuju juara.

Sesuai regulasi, tim yang finis pada posisi delapan besar klasemen akhir musim reguler dibagi dalam dua pool. Satria Muda BritAma Jakarta (peringkat 1), CLS Knights Surabaya (peringkat 4), Garuda Kukar Bandung (peringkat 5), dan Bimasakti Nikko Steel Malang (peringkat 8) menempati pool atas.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8111 seconds (0.1#10.140)